Ramadhan Tiba! Berikut Tradisi Unik Ramadhan Di Berbagai Belahan Dunia

Ramdhan Tiba! Berikut Tradisi Unik Ramadhan Di Berbagai Belahan Dunia
Salah satu tradisi berbuka puasa di India (Sumber : republika.co)
0 Komentar

sumedangekspres – Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinanti seluruh Umat Muslim di berbagai belahan dunia. Uniknya berbagai negara memiliki tradisi puasa yang berbeda masing-masing dalam segi perayaan, kebersamaan, hingga makanan khas yang menjadi menu untuk sahur maupun berbuka di bulan ramadhan.

Segelas air putih dan kurma serta makanan  tradisional ringan dipilih sebagai hidangan berbuka puasa di beberapa negara di dunia.

Selain makanan, puasa Ramadhan di beberapa negara juga tidak luput dari tradisi unik masing-masing negara tersebut.

Berikut keunikan bulan Ramadhan dari sejumlah negara:

India

Baca Juga:Ramadhan 2022, Generasi Milenial Harus Mengisinya Dengan Hal Berikut!Pilihan Acara Youtube Di Bulan Ramadhan 2022, Dari Vincent Desta Hingga Andre Taulany

Di India, umat muslim layaknya di Indonesia ada berbuka puasa gratis yang diselenggarakan oleh masjid. air dan kurma menjadi makanan awal berbuka puasa, diikuti makanan berat lainnya.

Di Hyderabad, umat Muslim berbuka puasa dengan Haleem (semur khas India).

Di negara bagian lainnya seperti Pradesh, Madhya Pradesh, Delhi, Uttar , dan Benggala Barat, selain kurma, buah segar, ada juga makanan yang semacam gorengan seperti pakodas dan samosa.

Mesir

Umat Muslim di mesir memiliki tradisi Ramadhan yakni penduduk setempat akan menghias rumah dengan fanous, semacam ‘lentera’ dalam bahasa Arab.

Lantera tersebut dapat dilihat di tempat-tempat umum dan semakin menyemarakan suasana di bulan Ramadhan.

Pemandangan lentera gantung ini semakin indah setelah matahari terbenam saat berbuka, dimana  cahayanya menerangi jalan di mana warga akan berjalan menuju mesjid untuk sholat tarawih.

Selain itu, Mesir memiliki makanan khas Ramadhan, dimana warga setempat memasak bebek hingga Kelinci, Rokak, Mahshi (berbagai sayuran), Keshk, dan Molokheya

Malaysia

Baca Juga:Ngabuburit Menyenangkan dan Produktif, Begini TipsnyaBUBOS Kembali Digelar, Pangandaran Jadi Tuan Rumah KOAS dan KABAH Perdana

Warga Malaysia terkenal dengan penyajian bubur lambuk, yang juga dikenal sebagai bubur rempah Malaysia dan sering ditemui saat bulan ramadhan.

Hidangan tersebut dimasak dalam porsi besar untuk dibagikan kepada warga masyarakat, bubur tersebut terdiri dari daging sapi, udang kering, bawang putih dan bumbu. Ada juga nasi lemak, laksa, ayam percik, nasi ayam, sate dan popiah.

Bubur lambuk juga disajikan sebagai hidangan buka puasa saat berjamaah di masjid. Setelah berbuka puasa dengan kurma dan air putih, umat muslim di Malaysia juga menikmati minuman segar seperti air tebu, susu kedelai dicampur dengan cincau.

0 Komentar