Setelah Buka Puasa Langsung Ngantuk, Kok Bisa?

Setelah Buka Puasa Langsung Ngantuk, Kok Bisa
Mengantuk setelah berbuka puasa dikarenakan makan yang terlalu banyak (foto : istockphoto )
0 Komentar

sumedangekspres – Setelah berbuka puasa yang berlebihan, mata akan mengantuk jika terlalu kenyang buka puasa.

Dilansir dari tempo.co , rasa kantuk yang timbul setelah berbuka puasa bisa disebabkan oleh kadar gula darah yang tiba-tiba naik karena konsumsi banyak makanan, terutama manis, drastis akan meningkatkan kadar gula darah. Tubuh pun otomatis akan memproduksi insulin.

Lalu, insulin akan menyebabkan sinyal ke otak untuk menghasilkan serotonin yakni hormon tidur. Itu sebabnya, muncul rasa kantuk yang berlebihan setelah berbuka puasa.

Baca Juga:Sering Telat Bangun Sahur? Begini Tipsnya Agar Tak Kesiangan Sahur di Bulan RamadhanSantap Sahur Dengan Perkedel Kentang Goreng, Begini Resepnya

Oleh karena itu saat berbuka , makanlah dalam porsi yang sedikit. Karena saat puasa, lambung yang kosong akan terbebani jika diisi dalam jumlah banyak sekaligus yang bisa berakibat sakit perut.

Sementara William Ja seorang ahli saraf Scripps Research Institute katakan bahwa apabila tubuh tiba-tiba mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar sekaligus, maka akan menyebabkan timbulnya rasa kantuk.

Hal itu dikarenakan sel darah yang dikirim secara tiba-tiba ke usus, akan membuat pasokan darah di otak berkurang. Pada akhirnya setelah berbuka puasa maka akhirnya menyebabkan timbulnya rasa kantuk. (cr1)

0 Komentar