5 Makna Di Balik Puasa Ramadhan, Dari Bersyukur Hingga Disiplin

5 Makna Di Balik Puasa Ramadhan Dari Bersyukur
Makna puasa ramadhan akan terasa apabila dijalani dengan suka cita (foto : istockphoto )
0 Komentar

sumedangekspres – Dalam Islam, ibadah puasa di bulan Ramadhan merupakan ibadah yang sangat istimewa serta sangat dinantikan oleh semua umat muslim. Dikerjakan satu bulan penuh dalam setahun membuat puasa Ramadhan sangat dinantikan. Namun, pada kenyataannya masih banyak umat Muslim yang belum utuh memahami makna puasa dan hanya mengetahui sebatas  jika puasa Ramadhan hanya menahan lapar, yaitu tidak boleh makan dan minum di siang hari.

Lebih jauh daripada itu, Allah memberi puasa Ramadhan memiliki makna yang sangat mendalam bagi hidup umat Muslim. Puasa dapat melatih diri untuk senantiasa menjadi lebih baik dari hari ke hari.

Berikut makna puasa ramadhan dilansir dari indozone.id :

  1. Mengendalikan diri

Puasa ramadhan mengajarkan kita untuk menahan diri dari segala hal, mulai dari menahan lapar serta dahaga sampai mengendalikan hawa nafsu.

Baca Juga:4 Langkah – Langkah Khatam Al-Qur’an di Bulan RamadhanAliansi Mahasiswa Sumedang Menolak Kenaikan BBM, PPN dan Migor, Serukan Aspirasi di Depan Kantor DPRD Sumedang

Kita dilatih untuk mengendalikan emosi serta mempertebal rasa sabar. Tak hanya itu puasa juga menjauhkan kita dari perilaku-perilaku yang tidak baik.

  1. Lebih bersyukur

Menjadi manusia yang bersyukur tidak semudah yang dibayangkan, apalagi sebagai manusia biasa yang selalu punya keinginan, rasa syukur dan cukup (qana’ah) jadi tantangan untuk kita terapkan.

Bagaimanapun juga, kita masih beruntung hanya menahan lapar dari waktu menjelang pagi sampai maghrib. Sedangkan di luar sana, banyak orang yang kesulitan hanya untuk mendapatkan sesuap nasi. Disanalah puasa ramadhan mengajarkan kita tentang rasa bersyukur.

  1. Saling mengasihi

Umat Muslim terutama di Indonesia akan menyambut bulan ramadhan dengan berbagai kegiatan sosial yang muncul. Mulai dari santunan untuk anak yatim dan kaum dhuafa, berbagi takjil untuk para musafir, dan berbagai kegiatan sosial lainnya.

  1. Belajar disiplin

Aturan yang diterapkan Allah dalam menjalani puasa ramadhan membuat kita belajar untuk disiplin dalam segala kegiatan.

Alhasil bila sudah terbiasa mentaati peraturan di bulan Ramadhan, kamu pun diharapkan mampu mentaati peraturan setelahnya.

  1. Menghargai sesama

Umat Muslim di Indonesia sudah terbiasa dengan segala perbedaan yang ada baik dengan umat beragama lain atau bahkan di dalam satuan umat yang sama juga terdapat perbedaan.

0 Komentar