4 Langkah – Langkah Khatam Al-Qur’an di Bulan Ramadhan

4 Langkah - Langkah Khatam Al-Qur'an di
Jalani khatam Al-qur'an agar menjadi berkah di bulan ramadhan (foto : pixabay)
0 Komentar

sumedangekspres – Sebagai bulan yang ustimewa serta penuh berkah bagi umat Muslim, bulan Ramadhan selalu menjadi bulan yang utama untuk memperbanyak membaca dan khatam kitab suci Al-Qur’an.

Karena pada dasarnya, membaca Al-Quran di bulan ramadhan memberikan kebaikan dan pahala yang luar biasa besar kepada orang yang membacanya disepanjang ramadan, dan jika menyelesaikannya, maka dapat memberi lebih banyak lagi kebaikan bagi kehidulan kita.

Lalu, bagaimana langkah-langkah khatam Al-qur’an ? Berikut dilansir dari tribunbatam.id antara lain :

Baca Juga:Aliansi Mahasiswa Sumedang Menolak Kenaikan BBM, PPN dan Migor, Serukan Aspirasi di Depan Kantor DPRD SumedangDukung UMKM Tembus Pasar Ekspor, BRI Jalin Kerja Sama Bersama LPEI

  1. Niat

Dalam segala hal biasanak diawali dengan niat yang benar dan tulus. Hal ini dimaksudkan memperlancar dan agar diridhoi Allah. Sebagaimana yang terdapat di dalam Hadits

إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى

“sesungguhnya amalan itu berdasarkan niatnya dan setiap orang akan mendapatkan apa yang dia niatkan” (HR Bukhari dan Muslim)

2.Tekad

Melalui dengan tekad yang kuat akan mempertebal semangat saat menjalaninya, biarpun pada prosesnya akan banyak rintangan yang menhadang.

Allah SWT berfirman;

اِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوۡمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوۡا مَا بِاَنۡفُسِهِمۡ

“sesungguhnya Allah tidak akan mengubah suatu kaum, sampai mereka mengubah apa yang ada pada diri mereka sendiri”

Bagaimana kuatnya ketika kegiatan kita diawali niat yang benar, tekad dengan kuat, barulah seseorang dapat percaya diri dan dengan sengaja didorong untuk mengambil langkah maju menuju tujuan.

  1. Membuat strategi

Tentu saja tidak ada cara khusus untuk khatam Al-Qur’an, jadi lakukan apa saja yang dirasa sesuai dengan apa yang membuat kita nyaman.

Berikut dibawah ini ada contoh yang bisa menginspirasi untuk yang akan khatam Al-qur’an.

Baca Juga:Stop Bullying! Mari Cegah Bully Dengan Cara IniMau Healing Tapi Tidak Punya Uang? Terapkan Healing Murah Meriah Dan Sederhana ini

Rata-rata Quran memiliki sekitar 600 halaman. Jika kamu membagi 600 dengan 30 hari maka itu adalah 20 halaman per hari.

Sekarang, bagilah 20 dengan 5 (5 Waktu Shalat), menjadi 4. Dan akan sangat mudah untuk menyelesaikannya!

Artinya, jika kamu shalat, hanya 4 halaman setiap shalatnya. Maka kamu dapat menyelesaikannya dengan mudah.

Dan jika kamu ingin menyelesaikannya dua kali lebih cepat, mulailah membaca 8 halaman setelah setiap Shalat yang kamu lakukan di bulan suci ramadan.

0 Komentar