Kapan Waktu Itikaf yang Tepat di Bulan Ramadhan?

Kapan Waktu Itikaf yang Tepat di Bulan Ramadhan
Ilustrasi Itikaf di mesjid (foto : iStockPhoto)
0 Komentar

sumedangekspres – Bulan ramadhan yang tengah dijalankan oleh umat Muslim menyimpan banyak keberkahan dan sumber pahala. Salah satunya ialah Itikaf.

Itikaf merupakan salah satu amalan atau ibadah penting saat bulan Ramadhan yakni dengan berdiam diri di Mesjid sambil beribadah kepada Allah. Selain untuk mendapatkan pahala, itikaf juga dilakukan demi mendapatkan malam lailatul qadar. Lantas, kapan waktu itikaf yang tepat di bulan Ramadhan?

Dilansir dari Suara.com, kegiatan ibadah tersebut biasanya dilakukan 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Baca Juga:Jangan Lewatkan Beberapa Keistimewaan Hari Jum’at di Bulan RamadhanPuncak Arus Mudik, Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 Dibuka Jika Terjadi Kemacetan Jalur Cirebon-Bandung

Namun sejatinya ibadah itikaf merupakan kegiatan yang mulia dan dianjurkan juga dilakukan di luar bulan Ramadhan sebagaimana keterangan mazhab syafi’I berikut ini:

“Itikaf merupakan ibadah sunnah muakkadah, suatu ibadah yang dianjurkan setiap waktu baik pada bulan Ramadhan dan di luar Ramadhan berdasarkan ijma’ ulama,” (As-Syarbini Al-Khatib, Al-Iqna fi Halli Alfazhi Abi Syuja, [Beirut, Darul Fikr: 1995 M/1415 H], halaman 247).

Lalu, As-Syarbini secara jelas mengatakan, kegiatan ibadah tersebut dianjurkan pada setiap waktu. kegiatan ibadah tersebut disunnahkan pada bulan Ramadhan dan pada bukan bulan Ramadhan.

Dengan demikian, kegiatan ibadah tersebut tidak harus dilakukan di 10 hari terakhir ramadhan namun sejak awal Ramadhan akan lebih baik apabila kita melakukan kegiatan ibadah tersebut. Juga selain itu kegiatan ibadah tersebut tidak harus selalu dilakukan pada bulan Ramadhan, tetapi juga di luar bulan Ramadhan. (cr1)

0 Komentar