Keutamaan Bersedekah di Bulan Ramadhan

Keutamaan Bersedekah di Bulan Ramadhan
Ilustrasi bersedekah (foto : shutterstock)
0 Komentar

sumedangekspres – Sejatinya, bulan ramadhan bukan hanya tentang ibadah berpuasa wajib semata. Melainkan, sebenarnya ada perintah yang selain berpahala untuk diri kita namun juga memiliki manfaat bagi sesama yaitu bersedekah.

Diriwayatkan, Rasulullah SAW pada bulan Ramadhan tangannya begitu mudah memberikan sesuatu untuk orang lain. tersebut seharusnya menjadi pendorong bagi kita untuk meniru akhlak Rasulullah yang senantiasa memberi kepada sesama terutama di bulan Ramadhan. Dikatakan pula, keajaiban sedekah selain itu adalah mampu menolak bencana dan musibah, mengobati penyakit dan memudahkan urusan yang tengah dihadapi.

Kunci utama dalam bersedekah adalah yakin dan ikhlas, dimana rezeki yang kita dapat ada sebagian rezeki orang lain disana yang perlu kita sisibkan tentunya. Yakinkan pula bahwa kelak Allahakan melipat gandakan serta keuntungan-keuntungan lain yang akan diberikan kepada kita.

Baca Juga:Kemenag Himbau Masyarakat Jalani Puasa Ramadhan Penuh KetakwaanKapan Waktu Itikaf yang Tepat di Bulan Ramadhan?

Sebuah hadits riwayat At-Thabrani. “Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah. Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah. Obatilah penyakitmu dengan sedekah. Sedekah itu sesuatu yang ajaib. Sedekah menolak 70 macam bala dan bencana, dan yang paling ringan adalah penyakit kusta dan sopak (vitiligo).”

Dengan demikian, dalam bersedekah itu tak perlu takut kehilangan harta, miskin dan lain sebagainya. Justru bersedekah membuat kita semakin kaya dan takkan pernah kekurangan. Tak hanya kaya harta melainkan kaya hati. Karenanya, jadikan momen Ramadhan untuk kita berbagi dan bersedekah kepada sesama. (cr1)

0 Komentar