Doa Akhir Ramadhan, Agar Bisa Berjumpa Dengan Ramadhan Berikutnya

Doa Menjelang Shalat Shubuh
Ilustrasi baca doa (Liptan6.com)
0 Komentar

sumedangekspresRamadhan akan segera berakhir, ada yang menyambut gembira dan ada juga yang menyambutnya dengan kesedihan.

Ada sebagian orang, setiap bulan Ramadhan usai mereka meneteskan sedihan karena rindu dengan dekapan tamu agung yang selama ini bersama mereka.

Mereka khawatir itulah adalah ramadham terakhirmha. Ada riwayat yang mengisahkan bahwa kesedihan ini tidak saja dirasakan manusia, tapi juga oleh para malaikat dan makhluk-makhluk Allah lainnya.

Baca Juga:Bulan Ramadhan Perbanyak Tahajud, Inilah Do’anyaBacaan Niat Sedekah Dibulan Suci Ramadhan

Karena tidak ada yang bisa menjamin  tahun depan kita akan dipertemukn dengan kembali dengan Ramadhan. Oleh karena itu beruntung dan berbahagialah kita saat berpisah dengan Ramadhan membawa segudang pahala untuk bekal di akhirat.

Dari Jabir bin Abdillah ra dari  Muhammad SAW Beliau bersabda, Siapa yang membaca doa ini di malam terakhir Ramadhan, ia akan mendapatkan salah satu dari dua kebaikan: berjumpa dengan Ramadhan berikutnya atau pengampunan dan rakhmat Allah.

Lafal doanya adalah:

Bismillahir rahmanir rahiim. Allahumma laa taj’alhu aakhiral ‘ahdi min shiyaamina iyyaah, fa-in ja’altahu faj’alnii marhuuman wa laa taj’alnii mahruuma.

Artinya,

“Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, janganlah Engkau jadikan puasa ini sebagai yang terakhir dalam hidupku. Seandainya Engkau berketetapan sebaliknya, maka jadikanlah puasaku ini sebagai puasa yang dirahmati bukan yang hampa semata,”

Berpisah dengan bulan Ramadhan bukan serta merta meninggalkan kebiasaan baik yang sudah dilatih selama sebulan ini. Setelah berakhirnya Ramadhan nanti diharapkan keimanan kita semakin bertambah dan mempertahankan ibadah yang biasa kita lakukan pada saat Bulan Ramadhan. (Cr2)

0 Komentar