Tim SAR Ikut Evakuasi Kecelakaan Bus Ciamis

Tim SAR Ikut Evakuasi Kecelakaan Bus Ciamis
Tim Rescue Pos SAR Tasikmalaya saat melakukan pengecekan korban kecelakaan bus dilokasi kejadian (ist)
0 Komentar

sumedang, CIMANGGUNG – Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah memberangkatkan satu tim rescue dari pos SAR Tasikmalaya untuk melakukan koordinasi atas kecelakaan bus di Ciamis, Sabtu (21/5)

Tim rescue didatangkan ke lokasi untuk melakukan pengecekan dan evakuasi jika masih terdapat korban yang memerlukan evakuasi pada kecelakaan yang terjadi di Panjalu, Ciamis sekitar pukul 17.30 WIB.

Dikatakan, berdasarkan informasi yang diterima, bus merupakan kendaraan rombongan yang telah melaksanakan ziarah dari Situ Panjalu dan mengambil rute ke Panumbangan untuk pulang.

Baca Juga:SMP Binaraja, Buka Wawasan Anak Didiknya di Bidang PertanianLima Desa Dapat Bankudes 100 Juta Rupiah, Menjadi Pengelola SAKIP Terbaik

“Menurut laporan di turunan Pari, Kecamatan Panumbangan terjadi kesalahan teknis pada sistem pengereman. Sehingga, mengakibatkan posisi bus tidak bisa dikendalikan dan menabrak mini bus,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, ada juga motor dan rumah di sekitar lokasi kejadian yang ikut tertabrak. “Informasi yang kami dapat ada 3 orang meninggal dunia di tempat sedangkan kondisi penumpang lainnya masih dalam pengecekan tim SAR Gabungan,”terangnya.

Satu tim terdiri dari 4 personel dengan membawa perlengkapan peralatan ekstrikasi yang digunakan  pada kecelakaan dengan penanganan khusus, Peralatan medis, Peralatan komunikasi dan APD Personal.

Dia memaparkan, sebelumnya Kantor SAR Bandung menerima informasi pada pukul 20.10 dan langsung memberangkatkan tim pada pukul 20.30.

Pukul 22.15 Tim rescue Pos SAR Tasikmalaya tiba di lokasi kejadian. Selanjutnya tim melakukan koordinasi dengan unsur di lokasi kejadian serta melakukan pendataan korban.

Hasil koordinasi bahwa seluruh korban telah dievakuasi dengan total korban sebanyak 47 orang (4 orang MD). Korban luka dan meninggal dievakuasi ke Puskesmas Payungsari, Puskesmas Panjalu, dan RSUD Ciamis.

Selanjutnya pukul 23.20, berdasarkan hasil evaluasi dan seluruh korban telah dievakuasi, maka Ops SAR dinyatakan selesai dan dilaksanakan penghentian Operasi SAR.

Baca Juga:Pembuatan Kartu Kuning Pengaruhi Angka PengangguranHarga Daging Ayam Mulai Menurun di Pasar Sumedang

Adapun unsur SAR yang terlibat antara lain Basarnas Bandung Pos SAR Tasikmalaya, Koramil Panumbangan, Polsek Panumbangan, Brimob, Dishub Ciamis, Dinkes Ciamis, Dinas PUPR, PMI Ciamis, Satpol PP Ciamis, Muspida setempat dan Warga setempat. (kos)

0 Komentar