Jalan Buruk, Ganggu Mobilitas dan Perekonomian Masyarakat

Jalan Buruk, Ganggu Mobilitas dan Perekonomian Masyarakat
Seorang warga melintas di akses jalan yang buruk di ruas Darmaraja-Cibugel, kemarin (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, CIBUGEL– Buruknya akses jalan kabupaten ruas Darmaraja-Cibugel hambat perekonomian masyarakat.

Ruas jalan yang saat ini sudah sangat buruk menjadi keluhan warga. Mobilitas masyarakat yang terganggu karena kondisi jalan yang buruk berdampak kepada perekonomian, kesehatan dan pendidikan.

Salah satu tokoh masyarakat Cibugel, Dadang Romansyah menyebutkan, akses jalan Darmaraja-Cibugel itu merupakan salah satu akses jalan untuk menempuh wilayah perkotaan dan pusat pemerintahan Kabupaten Sumedang. Oleh sebab itu, kondisi jalan yang buruk jelas akan jadi hambatan bagi mobilitas masyarakat.

Baca Juga:Pasar Hewan Tanjungsari Tutup SementaraSumedang Masuk Top 51 LAPOR SP4N KemenPANRB, Sejumlah Perbaikan Pelayanan Publik Jadi Perhatian Serius

“Ya setidaknya ada warga Cibugel yang setiap harinya aktivitas ke wilayah Darmaraja dan sekitarnya untuk mencari nafkah. Kalau akses jalannya seperti ini, jelas akan mengganggu kenyamanan,” katanya kepada Sumeks, Selasa (24/5).

Selain itu, dengan akses jalan yang buruk maka jasa angkut juga akan tinggi. Hal itu tentu saja mengurangi keuntungan bagi para pengusaha yang ada di Cibugel.

“Kalau jalannya buruk, para pedagang yang ada di Cibugel akan terbebani oleh ongkos angkut,” katanya.

Lanjut Dadang, sering kali akses jalan tersebut juga menghambat penanganan pasien yang perlu ditangani medis lebih lanjut di RSUD Sumedang.

“Kalau ada yang mau lahiran terus harus dirujuk ke RSUD, akses jalan seperti ini tidak bisa cepat dilalui kendaraan,” katanya.

Selain itu, akses jalan lain menuju Sumedang via Cipasang-Sukapura atau Wado-Cibugel juga kondisinya sama-sama buruk.

“Akses lain juga via Cipasang juga sama, kondisinya buruk,” pungkasnya. (eri)

0 Komentar