Aturan Menyimpan Makanan di Kulkas

Aturan Menyimpan Makanan di Kulkas
ist/hallosehat.com
0 Komentar

sumedangeskpres – Untuk mempertahankan masa konsumsi makanan, menyimpan makanan di kulkas sangat berguna bagi semua orang, karena makanan akan tersimpan dalam suhu rendah.

Dalam ‘kotak ajaib’ penemuan abad-20 ini, beragam makanan pun dianggap dapat awet.

Selain itu, bahan makanan ternyata tak bisa sembarang memasukkan ke dalam kulkas. Makanan pun punya aturan tak tertulis, bukan cuma menjejalkan bahan makanan, namun juga memperhatikan letak atau posisi.

Baca Juga:Puisi: Bahagianya (Kita) Punya Jalan TolAkses Jalan Desa Citaleus Sempit

Chef Daniel Norton menunjukkan norma dalam menggunakan mesin pendingin tersebut. Norton bukan chef sembarangan, dia bekerja untuk Innit, perusahaan start-up yang menggunakan data untuk membantu orang masak lebih efisien.

“Rak kulkas yang lebih tinggi atau dibuat ke arah pintu biasanya lebih hangat dibanding lokasi lainnya di dalam kulkas,” kata Norton seperti yang dilansir Tech Insider.

Menurut Norton, tempat terburuk untuk menyimpan bahan makanan yang membutuhkan suhu rendah agar tetap awet, ialah rak yang dekat atau terletak di pintu. Makanan tersebut seperti susu dan daging mentah.

Harus disimpan dengan suhu tertentu, jika makanan-makanan yang memiliki risiko tinggi rusak atau bahkan busuk. Ini diperlukan guna mencegah berkembangnya bakteri pada makanan tersebut yang menyebabkan pembusukan.

Bukan cuma daging atau susu, produk makanan lainnya seperti kerang, pasta segar, pai, dan sebagainya juga termasuk kategori makanan rentan perubahan suhu.

Makanan yang rentan akan suhu tersebut lebih baik ditempatkan di bagian terdingin dari ruang kulkas. Bagian ruangan tersebut seperti rak paling bawah atau bagian belakang dari kulkas.

“Mengetahui tempat hangat dan dingin dalam lemari es akan membantu mengoptimalkan fungsi rak mempertahankan bahan makanan,” kata Norton. (PKL3/Salma)

Sumber : cnnindonesia.com

0 Komentar