Kacang Koro Harus Memberdayakan Masyarakat Sekitar

Kacang Koro Harus Memberdayakan Masyarakat Sekitar
Kepala Desa Linggajaya, Agus Wawan Darmawan saat ditemui Sumeks di kantornya, kemarin (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, CISITU – Pemerintah Desa Linggajaya Kecamatan Cisitu, berharap kacang koro jadi salah satu hasil bumi yang membuka ruang pemberdayaan masyarakat.

Wilayah Desa Linggajaya jadi salah satu pilot project penanaman kacang koro yang langsung diresmikan dari Menteri Koperasi dan UKM beberapa waktu lalu.

Kepala Desa Linggajaya, Agus Wawan Darmawan mengatakan kacang koro pedang bisa menjadi pengganti bahan baku tempe dan tahu.

Baca Juga:PKB Sumedang Irit Bicara Soal Koalisi Partainya Bupati, Didi: Itu Urusan Pusat, Daerah SituasionalLahan Bangunan Sekolah Dasar Digugat Ahli Waris

Namun, hal  ini harus ada edukasi dan pembuktian kepada para pengusaha tempe dan tahu untuk merubah bahan baku tempe dan tahu yang semula kedelai jadi kacang koro.

“Saya yakin kalau sudah ada pembuktian produksi tempe dan tahu dengan nilai yang bagus menggunakan kacang ini, maka perajin tempe dan tahu akan mau menyerap kacang koro pedang hasil produksi para petani,” kata Agus kepada Sumeks, Rabu (8/6).

Saat ini, pasar global disebut tengah mengalami lonjakan harga kedelai. Sehingga, mempengaruhi keberlanjutan usaha para perajin tempe dan tahu di Sumedang.

“Menghadapi kondisi kenaikan harga kedelai, saya rasa perlu menyiapkan alternatif bahan baku lain agar usaha tempe dan tahu lebih berkelanjutan di masa yang akan datang,” katanya

Diakuinya, saat ini sudah ada beberapa kacang koro pedang yang mulai di panen. Kualitas kacang tersebut bisa tumbuh subur dan kualitas kacangnya juga cukup baik. Hal itu menandakan adanya kecocokan tanah untuk ditanami kacang tersebut.

“Kualitas kacang ini yang sudah mulai dipanen, itu sangat bagus,” tandasnya.

Namun, pihaknya mengharapkan dengan adanya kacang tersebut di desanya, maka untuk pengolahannya juga harus oleh masyarakat sekitar. Seperti adanya home industri yang mengolah tempe dan jenis makanan lainnya hasil kreatifitas masyarakat dengan menggunakan bahan baku kacang tersebut.

Baca Juga:Apdesi dan Masyarakat Ujungjaya Turut Berduka atas Meninggalnya Eril. Cucun: Tabah PakBPJS Ketenagakerjaan Berikan Pelayanan Terbaik, Pekerja Alami Kecelakaan Kerja Dipasang Potese Tangan Robotik

“Kacang koronya sekarang sudah siap panen, tinggal kita pikirkan bagaimana kacang ini memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat,” jelasnya.

Untuk melancarkan program pemberdayaan masyarakat melalui kacang tersebut, maka langkah awal harus ada bimbingan terlebih dahulu dari tenaga ahli agar masyarakat memahami cara pengolahan kacang tersebut.

0 Komentar