Cara agar Nasi Tidak Cepat Basi, Lakukan Hal Ini agar Lebih Tahan Lama dan Tidak Mubazir

Cara agar Nasi Tidak Cepat Basi, Lakukan Hal Ini agar Lebih Tahan Lama dan Tidak Mubazir
ilustrasi/istimewa 9kids.grid.id)
0 Komentar

sumedangekspres – Dengan adanya rice cooker menanak nasi jadi terasa lebih mudah. Kebanyakan orang-orang pada zaman dahulu sering memasak nasi dengan panci dan juga kompor. Meskipun dengan cara tradisional ini cukup terbilang lama juga.

Memasak nasi jadi lebih cepat dan kematangannya merata, dengan adanya rice cooker. Kemudian, nasi juga tidak akan berkerak ketika matang jika menuangkan air dengan takaran yang sesuai.

Selain itu rice cooker tidak dapat menyelesaikan permasalahan nasi yang cepat basi. Faktanya, nasi akan cepat busuk apabila dimasak dengan rice cooker.

Baca Juga:Tips Aman Mengiris Bawang Merah Tanpa MenangisIntrovert? Susah Bergaul dan Berkomunikasi Dengan Orang Lain? Berikut 4 Tipsnya

Untuk kalian yang bingung mengatasi permasalahan ini berikut kami rangkum tips dan trik agar nasi tak cepat basi dari laman Yukepo.com–Jaringan Suara.com, Selasa (6/10/2020).

– Gunakan air yang cukup
Untuk mendapatkan takaran yang sesuai, kamu cukup dengan menyentuh permukaan beras di dalam panci menggunakan ujung telunjuk kamu. Air yang terlalu banyak atau terlalu sedikit bisa membuat nasi yang kamu buat menjadi cepat basi. Pastikan tinggi air yang sudah dituangkan berada di ketinggian yang sama dengan satu ruas buku-buku jari kamu.

– Aduk nasi sesekali saat dimasak
Agar kematangannya merata kamu bisa mengaduk nasi ketika dimasak. Tidak hanya itu, cara ini juga bisa membuat tekstur nasi menjadi lebih lembut sehingga terasa enak saat dimakan.

– Hilangkan uap nasi ketika sudah matang
Saat penanak sudah memberi isyarat bahwa nasi sudah matang, bukalah penutupnya dan biarkan uapnya menguar ke udara, lalu aduk-aduklah sampai uapnya benar-benar hilang. Selain bisa membuat nasi menjadi tidak lembap dan awet, tekstur nasi yang kamu makan akan terasa lebih pulen. Jangan lupa untuk mengelap embun air yang menempel pada bagian bawah penutup juga.

– Gunakan jeruk lemon
Setelah kamu menuangkan beras dan air ke dalam penanak, kamu bisa menambahkan beberapa tetes jeruk lemon untuk membuat nasi menjadi lebih awet. Nasi yang kamu masak pun akan menjadi lebih harum sehingga bisa menambah selera makan.

Nah, itu dia tadi tips dan trik agar nasi tak cepat basi. Bagaimana, mudah bukan? Dengan cara ini nasi yang kalian masak tentunya tidak akan mubazir alias terbuang sia-sia. Selamat mencoba di rumah ya! (PKL3/Salma)

0 Komentar