Introvert? Susah Bergaul dan Berkomunikasi Dengan Orang Lain? Berikut 4 Tipsnya

Introvert? Susah Bergaul dan Berkomunikasi Dengan Orang Lain? Berikut 4 Tipsnya
ilustrasi/nett (shutterstock.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Berkomunikasi dengan orang lain dan bukan sesuatu yang diajarkan dalam kurikulum sekolah, adalah salah satu yang terpenting dalam hidup yang harus dikuasai.

Menjadi bagian besar dari kehidupan, sehingga semua orang membutuhkan untuk berkomunikasi setiap hari. Baik itu berkomunikasi dengan keluarga, teman, rekan kerja atau siapapun itu.

Tentunya semua orang bisa berkomunikasi, untuk berkomunikasi dengan orang baru ataupun banyak orang, sehingga orang tersebut tidak malu dan percaya diri.

Baca Juga:5 Tips Untuk Mencegah Stres Saat Kuliah OnlineEkonomi Pulih, Restrukturisasi Kredit COVID-19 BRI Turun 55,57%

Mengutip dari CNBC, Senin (17/5/2021) Charreah K. Jackson, konsultan komunikasi dan pelatih eksekutif, memberikan 4 tips komunikasi efektif yang tidak hanya akan membantu Anda berhubungan dengan orang lain tetapi juga dapat mengubah hidup, apa saja?

1. Jika Perlu Katakan “tidak”
Mungkin tidak mudah untuk mengatakan tidak, terutama di tempat kerja atau dalam kehidupan pribadi. Jika anda tidak ingin mengecewakan orang lain.

Waktu anda akan terbuang sia-sia karena banyak penyesalan, serta ketidakmampuan untuk mengatakan tidak. Namun, perlu diingat bahwa waktu adalah aset berharga.

Jujurlah pada diri sendiri tentang apakah bisa melakukan sesuatu dan jika tidak bisa penting untuk mengomunikasikan batasan dan mengtakan tidak jika perlu.

2. Belajar mendelegasikan
Banyak orang yang berpikir bahwa melakukan semua pekerjaan sendiri akan membuat anda terlihat lebih produktif dan baik dalam pekerjaan. Faktanya, cara terbesar untuk meningkatkan output adalah dengan meningkatkan sistem delegasi.

Pertama, ingatlah bahwa mendelegasikan tidak hanya memberikan daftar tugas kepada orang lain. Namun pastikan untuk menyediakan waktu untuk menjawab pertanyaan untuk memastikan anggota tim yang menangani tugas dapat jelas dan yakin untuk apa yang mereka lakukan.

Selain itu anda juga harus mengomunikasikan hasil, sumber daya dan harapan yang diinginkan untuk melaksanakan tugas.

Baca Juga:Fee Based Income Bisnis Bancassurance BRI Tumbuh 2,4 Kali LipatTeknologi Harus Digunakan Untuk Kebaikan

3. Arahkan ketidaksepakatan
Setiap orang tentunya memiliki pendapat yang berbeda-beda, dalam konteks ketidaksetujuan dengan orang lain. Sehingga pertama-tama penting untuk menilai kembali apa, siapa dan di mana Anda memberikan energi.

Mengidentifikasi tujuan bersama akan memberi anda dasar untuk membangun percakapan apapun, terutama ketika tidak setuju. Pastikan anda mendengarkan orang lain dan mengakui apa yang didengar.

0 Komentar