5 Tips Untuk Mencegah Stres Saat Kuliah Online

5 Tips Untuk Mencegah Stres Saat Kuliah Online
Ilustrasi kuliah online/ist (edukasi.okezone.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Bukan lagi menjadi suatu pilihan melainkan keharusan yang harus diikuti oleh mahasiswa, pandemi Covid-19 ini menyebabkan perkuliahan diikuti secara daring. Berikut 5 tips agar mahasiswa tidak stres saat melaksanakan kuliah online yang padat.

Dengan seiringnya perkembangan zaman, kini perkuliahan juga dapat dilakukan secara luring. Memang memungkinkan perkuliahan tidak lagi melalui kuliah secara offline. Namun, memerlukan proses adaptasi yang berbeda antara kuliah tatap muka dan belajar online.

Khususnya di masa pandemi, faktor pemicu terbesar stres saat menjalani kuliah online, karena kurangnya interaksi dan diskusi dengan dosen dan teman satu kelas.

Baca Juga:Ekonomi Pulih, Restrukturisasi Kredit COVID-19 BRI Turun 55,57%Fee Based Income Bisnis Bancassurance BRI Tumbuh 2,4 Kali Lipat

Dikutip dari instagram resmi Direktorat Dikti Vokasi dan Profesi Kemendikbudristek di @diktivokasi, Kamis (7/10/2021), berikut 5 tips supaya tidak terkena stres saat menjalani perkuliahan daring.

1. Jangan Jadi Deadliner
Akan memberi banyak tugas kepada mahasiswa, saat melakukan pembelajaran daring. Namun, tak jarang banyak mahasiswa yang menjadi deadliner ketika diberi tugas.

Sebaiknya hal itu dihilangkan secara perlahan, bagi mahasiswa yang masih menjadi deadliner. Alasannya, dengan menjadi deadliner pusing untuk mengerjakannya ketika tugas semakin menumpuk dan menambah.

2. Buat Skala Prioritas
Membuat skala prioritas tentu harus dilakukan agar kita bisa menyusun kegiatan atau tugas. Dengan menyusun skala prioritas tugas dan kegiatanmu akan terlihat lebih rapi.

3. Jangan Lupa Refreshing dan Lakukan Hobimu
Istirahat sebentar pasca belajar itu adalah hal yang normal. Waktu luang ini bisa diisi dengan melakukan hobi yang disukai. Hal ini dijamin bisa menjauhkan diri dari stres.

Semua tergantung kepada hobi yang dimiliki. Dengan menjalankan hobi, pikiran dapat direfresh sehingga stres tidak akan datang.

4. Lakukan Interaksi dengan Orang Terdekat
Dengan berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang terdekat yang disayangi tentu akan membantu meminimalisir kemungkinan stres.

Baca Juga:Teknologi Harus Digunakan Untuk KebaikanRatusan Orang Buru Pagelaran Seni

5. Berikan Self Reward untuk Diri Sendiri
Lelah pasti akan datang setelah melakukan pekerjaan atau tugas yang berat. Maka setelah usai melakukan rangkaian kegiatan, jangan lupa untuk memberi self reward untuk diri sendiri.

Self reward bentuknya bisa beraneka ragam. Seperti, menonton film atau seri terbaru di siaran streaming langganan favorit atau bisa juga dengan membeli makanan yang disukai.

0 Komentar