BPBD Sumedang: Waspadai Musim Pancaroba!

BPBD Sumedang: Waspadai Musim Pancaroba!
ilustrasi/istimewa/Sutterstock
0 Komentar

sumedang, CIMANGGUNG – Musim pancaroba  harus diwaspadai dengan datangnya bencana seperti rawan longsor. Karena, dari beberapa waktu intensitas hujan cukup tinggi hingga sekarang. Bahkan, harus diwaspadai juga datangnya penyakit ISPA dan DBD.

Musim pancaroba ini wilayah yang harus diwaspadai diantaranya Kecamatan Sumedang Selatan, Rancakalong, Cibugel, Jatigede dan Cimanggung.

Hal itu diungkapkan Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kabupaten Sumedang Adang, Senin (13/6)

Baca Juga:Warga Desa Mekarbakti Terima BLT Dana DesaTekor, Angkot Nyungseb Saat Berbalik Arah

Menurutnya, untuk wilayah Kecamatan Cimanggung, terutama wilayah desa yang memiliki tebing dan rawan longsor seperti desa Sindulang, Tegalmanggung serta Cimanggung juga beberapa desa lainya patut waspada.

Musim pancaroba seperti saat ini kondisi tanah jadi gembur karena beberapa waktu lalu intensitas hujan sangat tinggi. Sehingga, berakibat kondisi tanah jadi labil akibat terjadi penyerapan air di dalam tanah.

Ia mengatakan harus waspada wilayah yang memiliki tebing cukup curam dan ada pohon besar daunnya lebat, bisa mengakibatkan resapan air kedalam tanah sangat banyak. Sehingga pohon itu rawan tumbang apalagi dengan posisinya pohon tersebut berada disekitar tebing.

“Pohon tersebut rawan tumbang pada masa pancaroba seperti saat ini. Makanya, kita harus berhati-hati saat melintas di wilayah yang daerahnya memiliki tebing yang ditumbuhi pepohonan,” ucap Adang.

Menurutnya, yang rawan bencana pohon tumbang adalah tanah yang kondisinya gembur seperti wilayah perbukitan di sekitar Kecamatan Cimanggung.

“Sebaiknya kita waspada karena musim pancaroba ini belum berhenti dan masih berjalan hingga saat ini,” paparnya. (kos)

0 Komentar