10 Manfaat Teh Hitam Bagi Tubuh

10 Manfaat Teh Hitam Bagi Tubuh
Foto: Istimewa/Thespurceeats.com
0 Komentar

sumedangekspres – Tidak hanya menurunkan BB, tetapi manfaat teh hitam juga bisa mencegah kanker. Akan mendatangkan efek samping jika mengonsumsi teh hitam berlebihan. Salah satunya gangguan penyerapan zat besi.

Minuman kedua yang paling banyak dikonsumsi adalah teh. Teh yang paling populer adalah teh hitam. Teh yang proses pembuatannya menggunakan daun yang sudah tua yaitu teh hitam.

Teh hitam mempunyai manfaat bagi kesehatan yang banyak selain memiliki rasa enak dan wangi yang harum. Jika anda diet sebaiknya konsumsi teh hitam. Agar mengetahui lebih banyak jenis teh ini, yu simak beberapa manfaat teh hitam bagi kesehatan.

Proses Pembuatan Teh Hitam

Baca Juga:7 Manfaat Kentang Bagi Ibu Hamil5 Tips Menjaga Kesehatan Mata Tanpa Keluar Biaya Banyak

Semua teh berasal dari tanaman Camellia Sinensis. Namun cara pembuatannya berbeda. Agar mendapatkan rasa yang berbeda, camellia Sinensis sering dicampur dengan tanaman lain. Contohnya seperti early grey.

Pertama, harus mempunyai daun yang layu serta teroksidasi penuh. Daun terbuka udara bagi waktu yang lama adalah terjadinya oksidasi. Daun akan menghasilkan warna coklat kehitaman dan mempunyai harum yang wangi ketika enzim memecah bahan kimia pada daun.

Mencampurkan teh hitam celup dengan 200 ml air panas kalau diamkan selama 2-3 menit supaya teh mengeluarkan rasa serta aroma yang khas adalah cara menyeduh teh hitam yang baik dan benar.

Kandungan teh hitam

Adapun kandungan teh hitam terdiri dari:

– Alkaloid
– Asam amino
– Karbohidrat
– Protein
– Klorofil
– Fluor
– Alumunium
– Mineral.

Teh hitam juga mengandung polifenol yang merupakan antioksidan kuat. Teh ini memiliki rasa yang lebih kuat, dan mengandung lebih banyak kafein daripada teh lain. Namun, teh ini memiliki lebih sedikit kafein daripada kopi.

Manfaat teh hitam untuk kesehatan
Khasit teh hitam cukup banyak untuk kesehatan karena mengandung antioksidan. Beberapa manfaat teh hitam yang bisa didapat, di antaranya:

1. Meningkatkan kesehatan tubuh

Salah satu kelompok antioksidan yang ditemukan dalam teh hitam adalah polifenol. Polifenol terdiri dari katekin, theaflavin, dan thearubigin yang merupakan sumber antioksidan utama dalam teh hitam.

Kandungan tersebut dapat membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan. Sebuah studi pada tikus meneliti peran theaflavin dalam teh hitam, yang menunjukkan bahwa theaflavin mampu mengurangi kolesterol dan gula darah.

0 Komentar