8 Tips Mencegah Maag Kambuh

8 Tips Mencegah Maag Kambuh
foto: istimewa/nett
0 Komentar

Beberapa makanan seperti lada, bawang, lemon, tomat, serta jenis makanan pedas dan asam lainnya dapat membuat otot LES lemah sehingga memicu heartburn.

3. Hindari tidur setelah makan

Hindari langsung tidur atau berbaring setelah makan. Anda sebaiknya memberikan waktu 2-3 jam untuk tubuh mencerna makanan sebelum berbaring.

Ini memberikan waktu bagi makanan untuk keluar dari lambung dan masuk ke usus halus, sehingga mencegah refluks atau kembalinya makanan ke kerongkongan.

Baca Juga:Ahlan wa Sahlan Kafilah MTQWagub Janjikan Rumah Untuk Juara MTQ Jabar

Bagi penderita maag, tidur dengan posisi kepala lebih tinggi juga bisa mencegah terjadinya refluks saat tidur.

4. Hindari alkohol, kafein, dan minuman bersoda

Alkohol dan kafein juga termasuk minuman yang dapat membuat otot LES lemah, sehingga memicu heartburn dan ketidaknyamanan di perut. Konsumsi alkohol juga dapat mengiritasi lapisan lambung sehingga memperparah maag.

Selain itu, minuman bersoda juga sebaiknya dihindari bagi penderita maag karena bisa memicu perut bergas dan kembung, bahkan meningkatkan risiko refluks asam lambung dan heartburn.

5. Berhenti merokok

Merokok sudah dikenal lama sebagai penyebab dari berbagai penyakit, termasuk gangguan pencernaan seperti dispepsia atau maag. Rokok dapat mengiritasi lapisan lambung, sehingga berhenti merokok merupakan salah satu cara mencegah maag yang tepat.

6. Hindari gerakan olahraga tertentu

Beberapa gerakan olahraga yang melibatkan posisi membungkuk dapat meningkatkan tekanan pada perut dan menyebabkan refluks.

Selain itu, gerakan yang memosisikan kepala lebih rendah dari perut, seperti handstand atau pose yoga downward dog juga bisa memicu naiknya asam lambung.

Meski begitu, penderita maag tetap boleh berolahraga. Bahkan, penderita maag dianjurkan berolahraga untuk menjaga berat badan ideal. Pasalnya, menjaga berat badan ideal bisa menurunkan risiko maag kambuh.

Baca Juga:Kabupaten Garut Targetkan Masuk 5 Besar MTQ ke-37 Tingkat Jawa Barat7 Macam Olahraga Mata Untuk Kesehatan

Hal yang perlu diperhatikan adalah menghindari gerakan olahraga tertentu dan menghindari olahraga setelah makan. Beri waktu 2 jam setelah makan sebelum Anda mulai berolahraga.

7. Kelola stres dengan baik

Mengalami stres dan kecemasan bahkan depresi juga bisa menjadi penyebab maag kambuh.

Untuk itu, Anda harus pandai mengelola stres dengan menemukan metode coping yang sesuai, misalnya dengan melakukan hobi, meditasi, atau relaksasi.

0 Komentar