8 Tips Mencegah Maag Kambuh

8 Tips Mencegah Maag Kambuh
foto: istimewa/nett
0 Komentar

sumedangekspres – Tips mencegah maag yang paling efektif adalah harus mengetahui dan menghindari penyebab serta pemicu dispepsia. Yu simak langkah pencegahan maag berikut ini.

Kumpulan gejala yang menyebabkan perut menjadi tidak nyaman termasuk rasa penuh, sakit, sampai sensasi pada dada terbakar adalah maag. Kondisi ini disebabkan gaya hidup, makanan dan minuman tertentu, obat-obatan atau gangguan pada saluran pencernaan.

Simak ulasan berikut ini agar mengetahui cara mencegah penyakit maag!

Caranya, kenali dan hindari penyebab maag. Dilakukan dari mulai perubahan gaya hidup ke arah lebih sehat sebagai jalan pencegahan maag.

Berikut ini beberapa cara mencegah maag yang bisa Anda lakukan:

1. Makan perlahan dan porsi kecil

Baca Juga:Ahlan wa Sahlan Kafilah MTQWagub Janjikan Rumah Untuk Juara MTQ Jabar

Pemicu dari gangguan pencernaan salah satunya dispepsia yaitu makan terlalu banyak dan cepat.

Perut akan merasa tidak nyaman jika makan terlalu banyak dan terlalu cepat. Metode pencernaan terdiri dari organ yang membantu tubuh menyusup nutrisi dan memecahkan makanan.

Selain itu, makan terlalu banyak juga akan menyebabkan perut meregang dan terasa penuh. Kondisi ini akan memberikan tekanan serta mengganggu lower esophageal sphincter (LES), yatu cincin otot yang menjaga asam lambung supaya tidak bergerak ke arah yang salah.

Makanan yang baru saja di konsumsi akan naik kembali ke kerongkongan ketika otot tersebut terganggu.

Untuk mencegah maag, cobalah makan lima hingga enam kali sehari dalam porsi kecil. Hindari makan beberapa kali dalam porsi besar.

2. Hindari makanan asam, pedas, dan berlemak

Dikutip dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease, mengubah pola makan bisa menjadi tindakan pencegahan maag yang tepat. Salah satunya dengan menghindari makanan yang asam, pedas, berlemak, dan berminyak

Makanan asam, pedas, berlemak, dan berminyak dapat menjadi pemicu gangguan pencernaan dan ketidaknyamanan di perut. Untuk mencegahnya, Anda sebaiknya menghindari jenis makanan tersebut.

Baca Juga:Kabupaten Garut Targetkan Masuk 5 Besar MTQ ke-37 Tingkat Jawa Barat7 Macam Olahraga Mata Untuk Kesehatan

Makanan berlemak akan bertahan lebih lama di lambung dan sulit dicerna. Ini menyebabkan lambung menghasilkan lebih banyak asam sehingga mengiritasi sistem pencernaan.

Makan makanan yang pedas dan asam juga bisa membuat ketidaknyamanan di perut, bahkan menyebabkan gejala maag berupa sensasi terbakar (heartburn).

0 Komentar