Air Bersih di Ujungjaya Aman Walau Kemarau Panjang

Air Bersih di Ujungjaya Aman Walau Kemarau Panjang
Air Bersih di Ujungjaya Aman Walau Kemarau Panjang
0 Komentar

sumedangekspres, Meski musim kemarau panjang, ketersediaan air bersih di beberapa desa Kecamatan Ujungjaya dipastikan aman. Seperti di wilayah Desa Palasari dan Desa Sakurjaya.

Kepala Desa Palasari Yaya Satia menuturkan, ada beberapa sumber air bersih bagi warganya, diantaranya dari PDAM yang bersumber dari Pasireungit Kecamatan Paseh serta dari sumur dengan menggunakan pompa air. “Air bersih bagi warga cukup kalaupun musim kemarau panjang, aman ketersediaannya. Ada dari PDAM Sumedang dan sumur,” kata Yaya, Selasa (7/5/2024).

Namun, terang dia, air untuk keperluan pertanian, seperti sawah dipastikan akan berkurang drastis. Hal itu yang membuat gaduh para petani. “Biasanya petani mengeluh karena akan kekurangan air untuk tanaman padi mereka, apalagi saat ini Bendung Cariang belum kunjung dibangun,” ujarnya.

Baca Juga:Cara Ampuh Merawat Motor Matic Agar Tetap AwetLangkah Mencuci Motor yang Benar Bisa Dilakukan di Rumah

Senada, di Desa Sakurjaya Kecamatan Ujungjaya ketersediaan air bersih bagi warga juga terbilang aman meski musim kemarau panjang. Ada dua sumber yang tersedia, diantaranya dari artesis dan mata air Cireuma di Dusun Cilega. “Insyaallah, dari kedua sumber air bersih tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga Desa Sakurjaya sepanjang musim kemarau,” kata perangkat Desa Sakurjaya, Ade Rasip. [*]

0 Komentar