Fakultas Peternakan UNPAD Berikan Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak

Fakultas Peternakan UNPAD Berikan Pelatihan Pakan Ternak
Camat Ujungjaya Didin Hermawan SSos MSi beserta narasumber dari Universitas Padjadjaran melakukan foto bersama seusai kegiatan pelatihan pakan ternak (ist)
0 Komentar

sumedang, UJUNGJAYA – Dalam upaya meningkatkan mutu dan kualitas peternakan rakyat, Pemerintah Kecamatan Ujungjaya mengandeng Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran (Unpad) untuk memberikan pelatihan pembuatan pakan ternak bagi masyarakat dan kelompok ternak se-Kecamatan Ujungjaya. Kegiatan tersebut bertempat di Pendopo Kecamatan Ujungjaya.

Untuk menunjang kegiatan tersebut, diadakan berbagai pelatihan. Salah satunya yaitu pelatihan pembuatan pakan ternak karena keseharian penduduk Kecamatan Ujungjaya memiliki kegiatan bertani dan berternak.

Camat Ujungjaya Didin Hermawan SSos MSi mengatakan untuk di wilayah Kecamatan Ujungjaya, program kegiatan pelatihan pengolahan pakan ternak ini mungkin pertama. Dan, kegiatan ini kelanjutan dari pelatihan-pelatihan yang yelah dilaksanakan sebelumnya.

Baca Juga:Uu Ruzhanul Ulum Buka MTQ ke-37 Jawa Barat di SumedangSukaratu Sediakan Lahan Pemakaman

“Pembuatan pakan ternak ini sangat bermanfaat untuk para peternak. Karena, pada dasarnya pengolahan pakan yang baik itu sangatlah penting dalam meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan hewan ternak,” ujarnya.

Dijelaskan, dalam program kerja Kecamatan Ujungjaya salah satunya adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat, khususnya di bidang peternakan dan pertanian. Berbagai materi dan pengetahuan tentang pakan ternak  yang diberikan harapannya mampu untuk meningkatkan kualitas peternak di Kecamatan Ujungjaya,  sehingga hasil yang dicapai pun maksimal.

Dikatakan, pada pelatihan pembuatan pakan ternak ini diharapkan para peternak bisa meningkatkan pertumbuhan hasil ternaknya. Selain itu, hewan ternak tidak mudah terkena penyakit dan meningkatkan nilai jual yang tinggi.

“Harapan kami kedepannya untuk meningkatkan mutu dan kualitas peternak terutama di dalam pembuatan pakan untuk lebih mempermudah dan meningkatkan produksi baik yang peternak  bridding dan usaha penggemukan di Kecamatan Ujungjaya,” jelas Didin.

Narasumber yang memberikan materi pelatihan, khususnya dari Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran menyampaikan materi tentang tata laksana pemberian pakan domba. Kemudian, jenis jenis hijauan untuk menunjang produktifitas ternak.

Salah satu narasumber Prof.Dr.Ir. Ujang Hidayat Tanuwiria MS mengatakan kegiatan pelatihan merupakan salah satu program mahasiswa Unpad yaitu pengabdian kepada masyarakat dan melaksanakan program Kerjasama antara Fakultas Peternakan Unpad  dengan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sumedang. Terutama, untuk meningkatkan peternakan di Kabupaten Sumedang.

0 Komentar