Cara Tangani Haid Tidak Teratur dan Hilangkan Nyerinya Menurut dr. Zaidul Akbar

Cara Tangani Haid Tidak Teratur dan Hilangkan Nyerinya Menurut dr. Zaidul Akbar
Tangkap layar Youtube/dr.Zaidul Akbar Official
0 Komentar

Sebuah penelitian membuktikan bahwa wanita yang rutin berolahraga 30 menit selama 3 hari dalam saminggu mengalami perbaikan gejala nyeri haid yang cukup signifikan.

Selain itu, olahraga saat haid juga memberikan manfaat lain untukmu, yakni meningkatkan suasana hati, membuatmu lebih berenergi dan semangat menjalani rutinitas, dan menjaga berat badanmu tetap ideal.

6. Berendam di air hangat
Berendam di air hangat adalah salah satu cara untuk membuat otot-ototmu lebih rileks, sehibgga nyeri haid bisa berkurang. Selain itu, berendam di air hangat juga bisa memperbaiki suasana hati akibat mood swing yang mungkin muncul ketika haid, mengatasi stres, dan membuat tidurmu lebih nyenyak.

Baca Juga:Naaah, Tuh Kan, Eropa Aja Berburu Batubara, Indonesia Harus Apa?Menjaga Rumah Bebas Nyamuk Saat Musim Hujan, Simak Tips dan Trik Berikut

Agar kegiatan ini lebih menyenangkan dan menenangkan, kamu bisa menambahkan tetesan minyak esensial, seperti minyak mawar, jeruk, lemon, atau lavender. ke dalam bak mandi.

7. Menggunakan obat pereda nyeri
Jika beberapa cara di atas sudah kamu lakukan, tetapi nyeri haidmu belum kunjung mereda, cobalah konsumsi obat pereda nyeri, seperti ibuprofen atau paracetamol, yang dijual bebas.

Selain beberapa cara di atas, kamu juga bisa mencoba berhubungan seks saat haid untuk mengurangi keluhan nyeri menstruasi. Riset menunjukkan bahwa hubungan seks dapat mengurangi nyeri haid dan membuat mood menjadi lebih baik. Namun, agar lebih aman, pakai kondom saat hendak berhubungan intim, ya.

Itulah beberapa cara mengurangi nyeri haid yang bisa kamu lakukan. Nyeri haid yang timbul sesekali bukanlah hal berbahaya dan tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Sebaliknya, kamu perlu waspada, jika kondisi ini terjadi setiap kali datang bulan, ya.

Jika nyeri haid yang kamu alami tidak kunjung membaik meski telah minum obat pereda nyeri atau bahkan bertambah parah dan disertai keluhan lain, seperti perdarahan dari vagina yang tak kunjung berhenti, demam, atau perubahan mood yang ekstrim, periksakanlah diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan. (PKL3/Salma)

Sumber: rembangbicara.pikiran-rakyat.com

0 Komentar