Pembinaan Karang Taruna Desa Cijambe, Eksistensinya Dibutuhkan Masyarakat

Eksistensi Karang Taruna Dibutuhkan Masyarakat
Camat Paseh Drs Agus Sujatmiko bersama Kepala Desa Cijambe berfoto bersama dengan anggota Karang Taruna, usai melaksanakan kegiatan peningkatan kapasitas di kantor desa tersebut, belum lama ini (ist)
0 Komentar

sumedang, PASEH – Dalam rangka kegiatan pembinaan kemasyarakatan bidang kepemudaan dan olahraga, Pemerintah Desa Cijambe Kecamatan Paseh menggelar pembinaan Karang Taruna tingkat Desa Cijambe.

Pembinaan Karang Taruna kali ini diarahkan pada peningkatan kapasitas karang taruna Desa Cijambe.

Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Paseh Drs Agus Sujatmiko MSi, Kepala Desa Cijambe Takhyar Sutang Iskandar, Babinsa Desa Cijambe, Ketua Karang Taruna Kecamatan Paseh Dodi Partawijaya, dan peserta dari karang taruna Desa Cijambe yang berjumlah 40 orang.

Baca Juga:Komisi 3 Dukung Sanksi Oknum Penyelewengan Tabungan SiswaKenalkan Keunikan UMKM Lokal, BRI Raih Penghargaan Omni Brands of The Year 2022

Kegiatan diawali dengan diskusi bersama antara karang taruna Desa tersebut dengan perwakilan dari Karang taruna Kecamatan Paseh.

Dalam kesempatan tersebut dibahas mengenai peran pemuda serta tata cara pengelolaan organisasi berdasarkan pengalaman yang telah mereka geluti. Setelah diskusi, dilanjutkan dengan acara pembinaan anggota karang taruna.

Narasumber yang dihadirkan antara lain dari Camat Paseh Agus Sujatmiko dan Ketua Karang Taruna Kecamatan Paseh, Dodi Partawijaya.

Camat Paseh Agus Sujatmiko menyampaikan anggaran untuk pembinaan Karang Taruna dibebankan kepada anggaran Desa. Sehingga, kewajiban pada dasarnya hanya membina.

Dikatakan, Karang Taruna adalah lembaga kepemudaan yang sangat penting. Untuk itu perlu diadakan pembinaan, agar ada kemajuan. Sehingga, di Desa yang ada di wilayah kecamatan harus ada Karang Taruna. Tetapi sekarang kelembagaan tersebut sudah banyak yang mati suri.

“Sehingga dapat membangkitkan Karang Taruna untuk berjaya lagi, dibutuhkan peran serta semua pihak. Terutama, kecamatan dan desa yang merupakan wilayahnya,” kata Agus.

Sementara, Ketua Karang Taruna Kecamatan Paseh, Dodi Partawijaya mengatakan kelembagaan kepemudaan Karang Taruna harus memiliki prestasi yang bisa dibanggakan. Sehingga, kartar kecamatan mengajak semua yang hadir untuk membangkitkan Karang Taruna. Untuk itu pembinaan ini akan terus dilakukan agar jangan sampai mati suri. Karena Karang Taruna memiliki tugas dan fungsi yang dapat membantu masyarakat.

Baca Juga:Motor Dibawa Kabur, Jajang Jalan Kaki dari BandungPasar Hewan Tanjungsari Kembali Dibuka

“Untuk mewujudkan serta membangun peradaban Karang Taruna, kita perlu memiliki pemuda yang mampu memberikan inspirasi,” ujar Dodi.

Di tempat yang sama Kepala Desa Cijambe Takhyar Sutang Iskandar mengatakan Karang Taruna adalah organisasi sosial atau lembaga masyarakat. Serta, wadah pengembangan generasi muda yang berkembang di atas dasar kesadaran serta tanggung jawab sosial dari masyarakat. Terutama generasi muda di wilayah desa Cijambe.

0 Komentar