8 Manfaat Daun Belimbing Wuluh Serta Efek sampingnya

8 Manfaat Daun Belimbing Wuluh Serta Efek sampingnya
istimewa/nett
0 Komentar

sumedangekspres – Mengatasi infeksi, diare, nyeri luka bakar, gigi berlubang, diabetes, sampai menghambat pertumbuhan tumor adalah beberapa manfaat dari daun belimbing wuluh.

Bagi masyarakat Indonesia, buah ini sudah tidak asing. Belimbing wuluh ini dapat dijadikan bahan masakan pada rasa yang asam sampai lalapan. Tidak hanya buahnya, daunnya pun mempunyai kaya khasiat.

Lantas, apa saja manfaat daun belimbing wuluh bagi kesehatan? Su simak ulasan berikut ini.

Manfaat daun belimbing wuluh

Baca Juga:Vaksin Terbatas, Jabar Prioritaskan Sapi PerahPemberdayaan UMKM Agresif, Menkop UKM Teten Ingin Perbankan Tiru BNI

Averrhoa bilimbi adalah nama inilah dari belimbing wuluh. Sejak lama, daun dan buah ini sudah digunakan sebagi bahan masakan serta obat tradisional.

Kandungan senyawa aktif yang ada di dalam daun belimbing wuluh adalah eneger manfaat nya bagi kesehatan.

Berikut ini beberapa khasiat daun belimbing wuluh yang perlu Anda tahu:

1. Mengatasi gigi berlubang

Daun belimbing wuluh memiliki sifat antibakteri. Sifat ini berasal dari kandungan flavonoid, tanin, sulfur, dan asam format yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri.

Gigi berlubang atau karies gigi merupakan salah satu masalah kesehatan yang disebabkan oleh infeksi bakteri di mulut. Kondisi ini dapat mengakibatkan sakit gigi, gigi menjadi lebih sensitif, hingga gigi terasa ngilu saat mengonsumsi makanan atau minuman panas dan dingin.

Dikutip dari Medical Journal of Lampung University, ekstrak daun belimbing wuluh efektif menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans penyebab karies gigi.

2. Mencegah infeksi

Selain infeksi bakteri penyebab karies gigi, khasiat daun belimbing wuluh lainnya adalah ampuh mengatasi berbagai infeksi akibat virus dan jamur.

Baca Juga:Majukan Industri Otomotif Nasional, BRI Group Jalin Kerja Sama dengan Start Up Broom10 Kopi Terbaik Jabar Tampil di Ajang “World of Coffee Italia”

Lagi-lagi, manfaat ini berasal dari kandungan senyawa fenol dalam ekstrak daun belimbing wuluh yang mampu menghambat pertumbuhan virus, bakteri, dan jamur.

Penelitian dalam Jurnal Biota juga menyatakan bahwa ekstrak daun belimbing wuluh efektif melawan Candida albican, yakni jamur penyebab infeksi di rongga mulut, kulit, atau vagina.

3. Menghambat pertumbuhan tumor

Siapa sangka, daun belimbing wuluh juga berpotensi menghambat pertumbuhan tumor. Manfaat daun belimbing wuluh ini berasal dari kandungan senyawa tanin di dalamnya.

Tanin merupakan salah satu senyawa yang memiliki sifat antioksidan dan mampu menghambat pertumbuhan tumor.

0 Komentar