Bupati Ciamis Hadiri Konser Kolotiko

Bupati Ciamis Hadiri Konser Kolotiko
0 Komentar

sumedangekspres, KAB. CIAMIS – Bupati Ciamis Herdiat Sunarya hadiri Konser Kolotiko atau pentas kesenian tradisional, kolaborasi antara kolotiko, angklung dan marching band di Gedung Kesenian Kabupaten Ciamis, Rabu (29/6/2022)

Konser yang dibawakan oleh SMA 1 Cimaragas tersebut menyajikan perpaduan antara musik tradisional khas Ciamis Kolotiko dengan angklung dan arumba yang dikolaborasi dengan musik modern seperti saksofon dan marching band.

Dalam Sambutannya Herdiat mengatakan dengan penuh bangga dan gembira bahwa masyarakat Kabupaten Ciamis  punya musik yang luar biasa yang dapat dikolaborasikan antara musik tradisional dan musik modern.

Baca Juga:Bolehkah Berhubungan Intim Saat Hamil?[HOAX] China Meluncurkan Matahari Buatan

“Saya sangat bangga dan merinding ketika mendengar alunan saksofon dengan angklung arumba dan terutama kolotik,” katanya.

Dalam acara yang disiarkan secara live di kanal youtube Diskominfo Kabupaten Ciamis ini sesekali Herdiat melakukan standing ovation melihat kehebatan serta keindahan harmoni yang dihasilkan oleh perpaduan antara musik tradisional dengan musik modern ini.

“Ini luar biasa dan layak untuk go internasional. Ini harus kita terus dorong dan sarana prasaranannya harus kita dukung,” ucapnya.

“Saya hanya memberi inputan untuk ke depan sarana pendukungnya seperti sound serta jersey harus lebih bagus sehingga suaranya lebih masuk ke kalbu lagi serta penampilan yang mengundang daya tarik,” ujarnya.

Herdiat meminta dukungan berbagai pihak termasuk DPRD Kabupaten Ciamis dalam mendorong kesenian musik ini agar dapat berbicara di kancah nasional dan internasional.

“Malam ini bukanlah malam terakhir namun malam pertama  kita melangkah dalam mendukung kesenian kolotik ini,” ucap Herdiat.

Diketahui Kolotik atau kolotok leutik merupakan alat musik khas Kabupaten Ciamis yang dibuat oleh seniman asli Kabupaten Ciamis asal Cimaragas yaitu Abah Nani dan Abah Latif yang resmi diperkenalkan di tahun 2013 sebagai alat musik asli Ciamis dan sudah dipatenkan sebagai alat musik khas Kabupaten Ciamis. (PKL3/Salma)

0 Komentar