11 Penyebab Haid 2 Hari

11 Penyebab Haid 2 Hari
ilustrasi/nett
0 Komentar

Keguguran juga bisa menjadi penyebab haid hanya 2 hari. Keguguran bisa menyebabkan perdarahan yang salah diartikan sebagai menstruasi.

Perdarahan bisa berupa bercak ringan atau lebih deras, tergantung pada masa kehamilan.

Beberapa wanita mungkin tidak menyadari mereka sedang mengalami keguguran karena tidak tahu mereka sedang mengandung. Biasanya, perdarahan yang disebabkan keguguran juga disertai gejala lain, seperti kram serta sakit di bagian perut, panggul, dan punggung.

4. Kondisi menyusui

Baca Juga:4 Warna Keputihan Yang BerbahayaBupati Ciamis: Pelayanan kepada Masyarakat selalu menjadi Prioritas Utama

Menyusui bisa menyebabkan periode menstruasi tertunda atau masa haid yang lebih singkat. Ini terjadi karena hormon prolaktin yang membantu produksi ASI bisa mencegah terjadinya menstruasi.

5. Pil KB dan obat-obatan lain

Hormon dalam pil KB bisa menipiskan lapisan rahim sehingga mempersingkat siklus menstruasi.

Selain pil KB, beberapa jenis obat-obatan juga diketahui dapat memengaruhi siklus menstruasi, antara lain:

– Obat pengencer darah
– Antipsikotik atau antidepresan
– Steroid
– Obat herbal seperti ginseng
– Tamoxifen

6. Masa pubertas

Selama masa pubertas, normal jika Anda atau remaja mengalami menstruasi yang tidak teratur, misalnya periode menstruasi lebih singkat atau lebih panjang.

Pada masa ini, kondisi hormon bisa berubah dan berfluktuasi, sampai pada akhirnya memiliki jadwal yang teratur.

7. Perimenopause

Haid yang lebih singkat juga bisa terjadi pada wanita yang memasuki masa perimenopause. Perimenopause adalah waktu menjelang masa menopause di mana haid benar-benar berhenti. Umumnya kondisi ini terjadi saat seseorang menginjak usia 30 hingga 40-an tahun.

Baca Juga:Wabup Garut: Dialog Kebangsaan ini Diharapkan Dapat Lebih Mempersatukan BangsaTerbitkan Green Bond, BRI Ajak Masyarakat Berinvestasi Sekaligus Selamatkan Bumi

Pada masa ini, produksi hormon mulai menurun sehingga siklus menstruasi bisa lebih pendek.

8. Stres

Orang yang mengalami stres dan tidak mampu mengelolanya dengan baik, mungkin mengalami haid yang lebih singkat dan tidak teratur.

Bukan tanpa alasan, tingkat stres yang tinggi dapat memengaruhi hormon dalam tubuh, salah satunya mengganggu siklus menstruasi.

9. Penurunan berat badan drastis

Penurunan berat badan yang drastis dan terjadi secara tiba-tiba juga bisa menyebabkan menstruasi tidak teratur.

Dikutip dari The Office on Women’s Health (OWH), kondisi ini berkaitan dengan lemak tubuh yang hilang atau turun sangat rendah, sehingga mengganggu kondisi hormonal dalam tubuh, termasuk bisa menghentikan proses ovulasi setiap bulannya.

0 Komentar