Pancaroba, Jangkitan Penyakit Harus Diwaspadai

Pancaroba, Jangkitan Penyakit Harus Diwaspadai
Beberapa tenaga teknisi peternakan saat memeriksa hewan ternak di wilayah Kecamatan Wado, baru-baru ini (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, JATINUNGGAL – Musim pancaroba, waspadai hama pada hewan ternak. Sebab, biasanya perubahan cuaca berdampak kepada kesehatan ternak, berbagai penyakit bisa menjangkiti ternak mulai dari demam sampai penyakit mematikan.

Kepala UPTD Peternakan dan perikanan wilayah Jatinunggal, Wado dan Cibugel, Ir Leti Nuryati menyebutkan, sudah jadi jadwal alam, perubahan cuaca selalu berdampak buruk bagi ternak. Oleh sebab itu, pemilik ternak harus ekstra memberikan perawatan yang lebih maksimal lagi.

“Pancaroba para peternak wajib memperhatikan dan memberikan nutrisi yang cukup untuk ternaknya,” kata dia, Selasa (5/7).

Baca Juga:SPBU Parakanmuncang Siap Bantu QR Pin MyPertaminaKenaikan Harga Bahan Pokok Tiap Daerah Berbeda

Namun, untuk tahun ini, pihaknya belum menemukan kasus atau gejala penyakit yang menjangkiti ternak, meski perubahan suhu udara sudah mulai terjadi.

“Justru untuk tahun ini pihak kami belum menemukan adanya jangkitan penyakit pada ternak,” tegasnya.

Dalam hal ini, pihaknya tidak bisa memastikan, minimnya jangkitan

penyakit pada hewan tahun ini, apakah kebetulan atau ada faktor ilmiah lainnya.

“Kami tidak tahu apa faktor minimnya jangkitan penyakit pada ternak. Apakah ini ada faktor ilmiahnya atau hanya kebetulan, atau bisa juga memang belum,” katanya.

Dia berharap, jangkitan penyakit pada ternak pada masa pancaroba tahun ini memang tidak berdampak buruk kepada ternak.

“Saya berharap jumlah kematian pada ternak tahun ini memang akan turun, jangkitan PMK di Jatinunggal juga sekarang sudah pada sembuh,” ucapnya. (eri)

0 Komentar