Pesanan Hewan Kurban Masih Berlanjut, Dominan Ternak Muda Yang Laku

Pesanan Kurban Masih Berlanjut, Dominan Ternak Muda Yang Laku
Hewan ternak muda banyak diburu petani peternak di akhir momen Idul Adha (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, CISITU – Hari terkahir momen Hari Raya Idul Adha, bandar ternak mengakui masih ada pesanan hewan ternak. Hanya  hewan ternak di bandar sudah tidak ada yang layak untuk dipotong jadi hewan kurban.

Salah satu bandar hewan kurban asal Cisitu, Amin mnyebutkan, untuk yang pesan hewan kurban masih saja ada. Tetapi, kalau sudah akhir seperti ini, barangnya sudah langka, terutama memilih hewan kurban yang layak.

“Ada aja yang pesan, tapi barangnya agak sulit dicari. Namun, kalau pas lagi untung, biasanya kita dapat hewan kurban murah, karena kalau sudah di akhir momen kurban petani juga tidak menahan harga tinggi,” katanya kepada Sumeks, Selasa (12/7).

Baca Juga:Relokasi Tempat Sampah Parakanmuncang Sudah PastiAirlangga: UU Cipta Kerja Permudah Pendirian Koperasi

Amin menerangkan, pasca Idul Adha biasanya petani berbalik membeli hewan ternak untuk bibit. Pasalnya, hewan ternak yang dijual petani pada momen Idul Adha harus diganti dengan ternak sapi atau domba yang lebih muda.

“Saat ini mulai ramai lagi petani yang belanja untuk bibit ternak pembesaran,” katanya.

Dikatakan, untuk saat ini para bandar tengah gencar mencari ternak sapi atau domba yang muda. Targetnya tahun depan sapi yang dibeli saat ini bisa kembali terjual di moment Idul Adha lagi.

“Sekarang beli yang muda, lalu di besarkan sampai umurnya ideal dijadikan ternak kurban. Setelah itu petani kembali menjualnya, biasanya sistem seperti itu dilakukan oleh petani yang senang bisnis pembesaran,” ucapnya. (eri)

0 Komentar