7 Keajaiban Dunia Versi NOWC, Candi Borobudur Tak Masuk Daftar

7 Keajaiban Dunia Versi NOWC, Candi Borobudur Tak Masuk Daftar
0 Komentar

sumedangekspres – Obrolan tentang Candi Borobudur soal 7 keajaiban dunia bergulir saat ini. Pasalnya warganet kembali membicarakan daftar keajaiban dunia yang pernah ada. Ternyata Candi Borobudur tak masuk dalam Keajaiban Dunia versi New Open World Corporation (NOWC).

Hal ini bermula dari pernyataan YouTuber Leonardo Edwin, seorang anggota dari PERMIAS (Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat) yang membagikan pengetahuannya soal Borobudur dan menilai telah terjadi salah kaprah, di mana banyak pihak menganggap Borobudur masuk 7 keajaiban dunia.

Lantas, apa benar demikian?

Daftar 7 Keajaiban Dunia atau 7 Wonders of the World merupakan daftar yang dibuat oleh sebuah yayasan di Swiss New Open World Corporation (NOWC) lewat polling.

Baca Juga:Ayah Perkosa Anak Kandungnya, Pria Ini Sempat Kepergok PutranyaFakta Update Kecelakaan Maut di Cibubur, Jumlah Korban hingga Pernyataan dari Pertamina

Kampanye itu dimulai sejak 2000 dan diumumkan pada 2007 lalu. Dari 100 juta voters, hasilnya ada 7 area yang diabadikan sebagai 7 keajaiban dunia. Pemungutan suara berhasil mengumpulkan 100 juta voters dengan mengerucutkan 7 tempat dari seluruh dunia sebagai Tujuh Keajaiban Dunia.

Namun dari daftar NOWC, Candi Borobudur tidak masuk dalam daftar 7 besar tersebut. Adapun daftar selengkapnya dapat disimak pada rincian berikut sebagaimana dikutip dari situs 7 Wonders of the World.

Colosseum Italia
Tembok Besar China di China
Petra di Yordania
Machu Picchu di Peru
Taj Mahal di India
Patung Kristus Penebus di Brasil
Chichen Itza di Meksiko
Meski bukan termasuk dalam bagian daftar 7 Keajaiban Dunia, Candi Borobudur ternyata memang pernah masuk dalam 176 nominasi awal daftar 7 Keajaiban Dunia. Sayangnya, Candi Borobudur gagal terpilih dalam peringkat 77 teratas untuk lanjut pada tahap berikutnya.

Nominasi dari Indonesia dalam keikutsertaan tersebut ternyata bukan hanya diwakilkan oleh Candi Borobudur. Ada Sawah Terasering Tegallalang dari Bali yang juga turut masuk nominasi meski gagal pada tahap selanjutnya.

Pemungutan suara untuk daftar 7 Keajaiban Dunia dilakukan secara bertahap mulai 2000 hingga 2007. Pihak penyelenggara juga menyiapkan 7 panelis untuk memilih 21 finalis dari 77 destinasi wisata yang diikutsertakan.

Tujuh panelis tersebut diambil dari para arsitek di berbagai belahan dunia. Mereka adalah Aziz Tayob, Cesar Pelli, Zaha Hadid, Harry Seidler, Tadao Ando, Federico Mayor Zaragoza, dan Yunho Chang.

0 Komentar