Dosen Prodi D3 Keperawatan UPI Gelar Kegiatan Pelatihan Kader

Dosen Prodi D3 Keperawatan UPI Gelar Kegiatan Pelatihan Kader
Tim Dosen Prodi D3 Keperawatan UPI Kampus Sumedang dan Kepala Puskesmas Cimalaka dr Hendriawan saat memberikan pelatihan pada kader. (ACHMAD SOFA/SUMEKS)
0 Komentar

 

Dewi menerangkan, target selanjutnya pengabdian pada masyarakat ini akan laksanakan tidak hanya pelatihan pada kader. Tetapi nanti akan ada evaluasi dan monitoring yang akan dilaksanakan.

“Jadi target dari 20 kader yang hadir pada pelatihan ini, nanti masing-masing kader akan pegang tiga keluarga dengan lansia hipertensi. Disana kita akan evaluasi dan monitoring selama tiga kali. Sehingga, kita nanti akan diproses selanjutnya akan evaluasi, bagaimana pengetahuan keluarga dengan lansia yang hipertensi itu. Apakah ada peningkatan atau tidak terkait dengan hipertensi, bagaimana merawat hipertensi, bagaimana nanti kalau misalnya anggota keluarga dengan hipertensi itu ada keluhan yang harus dirawat, atau dirujuk ke Pelayanan Kesehatan,” katanya .

Adapun tujuan dari kegiatan pelatihan para kader, Dewi menjelaskan, untuk meningkatkan status kesehatan dan kualitas kehidupan lansia. Agar, lansia dapat menikmati masa tua yang sejahtera, bahagia dan berdaya guna serta mempunyai kehidupan untuk dirinya atau keluarganya yang lebih baik lagi.

Baca Juga:Desa Jatihurip Fokus Pada Jalan Usaha TaniKelompok Tani Maju Jaya 2 Adukan Bantuan Sapi ke DPR RI

Dikatakan, tujuan lainnya yaitu dengan pelatihan ini khususnya untuk para kader dengan keluarga ada pembinaan. “Sehingga, mereka terpapar informasi dan bisa mengaplikasikan bagaimana cara merawat lansia dengan hipertensi di rumah,” katanya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Cimalaka DR Hendriawan mengapresiasi kegiatan ini. Sebagai Kepala  Puskesmas Cimalaka, dirinya sangat bersyukur sekali dapat dukungan dari kampus UPI untuk membantu salah satu kegiatan di pos lansia.

“Mudah-mudahan kerjasama ini bisa lanjut terus sepanjang Kampus UPI ada di Cimalaka. Bisa terus berlanjut apalagi kita sudah pernah MOU juga, dimana Kampus UPI itu selalu ada kegiatan untuk Pengabdian kepada Masyarakat. Mudah-mudahan dalam  bidang kesehatan akan terus dilanjutkan untuk mendukung, sebagai peran serta lintas sektor yang ada di Kecamatan Cimalaka,” tutupnya. (ahm/adv)

PARA NARASUMBER

  1. Kepala Puskesmas Cimalaka DR Hendriawan

TIM DOSEN PRODI D3 KEPERAWATAN Program Pengabdian Kepada Masyarakat ( PKM ).

– Dewi Dolifah M Kep Ners.

– Delli Yuliana M Kep Ners.

-Popon Haryeti S Kep Ners MH Kes.

– Dedah Ningrum SKM MKM .

0 Komentar