Dosen Prodi D3 Keperawatan UPI Gelar Kegiatan Pelatihan Kader

Dosen Prodi D3 Keperawatan UPI Gelar Kegiatan Pelatihan Kader
Tim Dosen Prodi D3 Keperawatan UPI Kampus Sumedang dan Kepala Puskesmas Cimalaka dr Hendriawan saat memberikan pelatihan pada kader. (ACHMAD SOFA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, CIMALAKA – Dalam melaksanakan program kegiatan pengabdian kepada masyarakat, Tim Dosen Prodi D3 Keperawatan UPI Kampus Sumedang menggelar kegiatan Pelatihan bagi para kader, Rabu (20/7).

Kegiatan itu bertema ‘Optimalisasi Pemberdayaan Keluarga dan Kader Kesehatan Melalui Pelatihan Pendidikan Kesehatan Pengelolaan Hipertensi pada Lansia pada masa Pandemi Covid -19 di Wilayah Kerja Puskesmas Cimalaka’.

Kegiatan ini dilaksanakan di UPI Kampus Sumedang 2 Cimalaka dipimpin langsung Ketua Prodi D3 Keperawatan UPI Kampus Sumedang Dewi Dolifah M Kep Ners dengan narasumber Kepala Puskesmas Cimalaka DR Hendriawan. Kegiatan sendiri dihadiri beberapa Dosen D3 Keperawatan serta 20 Kader dari Desa Licin dan Desa Cimalaka .

Baca Juga:Desa Jatihurip Fokus Pada Jalan Usaha TaniKelompok Tani Maju Jaya 2 Adukan Bantuan Sapi ke DPR RI

Ketua Prodi D3  Keperawatan UPI Kampus Sumedang Dewi Dholifah M Kep Ners menyampaikan  tim dari dosen Prodi D3 Keperawatan UPI Kampus Sumedang melaksanakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan bekerjasama dengan Puskesmas Cimalaka.

“Alhamdulillah, dalam pelaksanaan pelatihan Kader ini yang diundang dari 2 desa, yaitu Kader Kesehatan Desa Cimalaka dengan Desa Licin. Masing-masing Desa mendelegasikan 10 orang kader. Jadi ada 20 peserta yang hadir pada pelatihan ini,”  katanya kepada Sumeks.

Dewi menuturkan, Pelatihan Kader dilakukan dalam rangka program pengabdian kepada masyarakat dosen Prodi D3 Keperawatan UPI Kampus Sumedang.

Berkaitan dengan hal itu, kata dia, sebagai Dosen Prodi D3 Keperawatan mempunyai komitmen tinggi dalam melaksanakan Tri Dharma, salah satunya yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

“Untuk itu, maka dalam rangka melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, tim dosen terdiri saya sendiri Dewi Dolifah sebagai Ketua dalam Program Pengabdian Kepada  Masyarakat dengan tim dosen Popon Haryati, Dewi Yuliana dan Dedah Ningrum Alhamdulillah bisa melaksanakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini,” katanya.

Dewi mengatakan, pada Pengabdian Kepada Masyarakat ini, pihaknya berharap akan adanya peningkatan kemampuan keterampilan dan pengetahuan kader. Sehingga, bisa meningkatkan derajat kesehatan di masyarakat, khususnya bagi lansia dengan hipertensi.

“Kami berharap dengan pelatihan ini, para kader lebih siap dan mempunyai komitmen tinggi untuk meneruskan informasi yang didapatkan pada saat pelatihan ini. Nantinya bisa diaplikasikan di masyarakat, khususnya untuk keluarga dengan anggota keluaga yang mengalami hipertensi,” jelasnya.

0 Komentar