Dosen Prodi D3 Keperawatan UPI Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat, Berlangsung di Desa Citimun

Editor:

sumedang, CIMALAKA – Dosen dan mahasiswa Prodi D3 Keperawatan UPI Kampus Sumedang menggelar acara penyuluhan pemberantasan sarang nyamuk dalam Program Pengabdian Kepada Masyarakat ( PKM ) di Desa Citimun, Kamis (21/7).

 

Kegiatan tersebut mengusung Tema Optimalisasi Pemberantasan Sarang Nyamuk di RW 06 Desa Citimun Kecamatan Cimalaka.

 

Acara tersebut dilaksanakan  di Balai Desa Citimun Kecamatan Cimalaka, dengan menghadirkan narasumber Kepala Puskesmas Cimalaka Dr Hendriawan.

 

Kegiatan dibuka langsung Ketua Program kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Prodi D3 Keperawatan UPI kampus Sumedang, Drs H Akhmad Fauzi AMK MSi. Dan, dihadiri dua anggota kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dosen dari Prodi D3 UPI Keperawatan , Popon Herawati SKP MKum dan Ahmad Purnama SKP M Kes serta Kepala Desa Citimun Dadan .

 

Sebanyak 90 peserta yang terdiri dari perangkat desa, kader serta ibu- ibu warga RW 06 Desa Citimun mengikuti kegiatan penyuluhan ini.

 

 

Ketua Program PKM Prodi D3 Keperawatan Drs Akhmad Fauzi AMK MSi mengatakan tujuan utama penyuluhan ini untuk  menghilangkan tanda dan gejala penyakit demam berdarah dari lingkungan, khususnya di RW 06 Desa Citimun Kecamatan Cimalaka. “Karena, disini ada kasus dua kematian yang di sebabkan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD),” katanya kepada Sumeks.

 

Tujuan kedua, lanjut Akhmad, adalah memberikan pengarahan bagaimana cara memberantas penyakit Demam Berdarah dengan metode Menguras Dan menyikat menutup tempat penampungan air, memanfaatkan atau mendaur ulang barang bekas plus mencegah gigitan dan perkembang biakan nyamuk (3M plus).

 

“Dengan harapan ke depan jangan sampai ada lagi terjadi kasus Demam Berdarah di masyarakat  apalagi sampai menimbulkan kematian. Lalu, berharap masyarakat  bisa selalu hidup bersih. Istilahnya Peningkatan  Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” katanya.

 

Dia menuturkan, kegiatan ini bisa terselenggara berkat kerjasama antara Puskesmas Kecamatan Cimalaka, Pemerintahan Desa Citimun dan UPI kampus Sumedang, kerjasama itu lintas sektoral.

 

“Dengan adanya kerjasama ini kita berharap kedepannya bisa ada desa pembinaan. Selanjutnya, UPI Kampus Sumedang ada kerjasama  atau Memoremdum of understanding (MoU) dengan desa, Puskesmas dalam rangka meningkatkan kegiatan-kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Terutama, dari mahasiswa dan dosen untuk meningkatkan terutama tentang kebersihan dan hidup sehat,” jelasnya.

 

Untuk program lanjutan, Akhmad menjelaskan, di UPI Kampus Sumedang nantinya ada penandatanganan MoU dengan Desa Binaan. Diutamakan nanti sekitar kampus, kedepanya akan dibina terus setiap tahunnya melalui program PKM.

 

“Ini bukan sekedar pemberantasan penyakit demam berdarah saja,  tapi untuk kehidupan yang lainnya. Bukan sekedar ini saja, tetapi banyak yang lainnya untuk meningkatkan kesehatan dan kehidupan masyarakat desa. Jadi kedepanya akan dibina secara terus-menerus,” katanya.

 

Akhmad mengatakan, disamping penyuluhan secara materi tim PKM UPI Kampus Sumedang juga memberikan alat-alat kepada masyarakat untuk pemberatasan sarang nyamuk Demam Berdarah yang dititipkan ke Pemerintah Desa Citimun.

 

“Seperti cangkul, sapulidi, sikat, tempat sampah kemudian lampu senter, sarung tangan serta sabun dalam rangka menjalankan program 3M alat-alatnya sudah disediakan,” jelasnya.

 

Sementara itu, Kepala Puskesmas Cimalaka dr Hendriawan menyampaikan dengan adanya  kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Prodi D3 Keperawatan UPI Kampus Sumedang, diharapkan masyarakat sadar. Untuk memberantas DBD itu tidak sulit, cukup dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk ( PSN ) yang rutin seminggu sekali.

 

“Insya Allah kasus-kasus DBD yang setiap tahun ada di Desa Citimun bisa kita berantas bisa kita hilangkan. Intinya, pemberantasan  sarang nyamuk bukan foging intinya itu. Sekali lagi terima kasih kepada para dosen dari Kampus UPI yang sudah membantu peningkatan kesadaran masyarakat dalam hal penelitian DBD. Mudah-mudahan penelitian mereka ini bisa membawa dampak yang baik kepada masyarakat, khususnya Desa Citimun,” katanya.

 

Sementara itu, Kepala Desa Citimun Dadan sangat menyambut baik, tentang program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Prodi D3 Keperawatan UPI Kampus Sumedang.

 

“Kegiatan ini dapat mengoptimalkan pemberantasan sarang nyamuk di Desa Citimun. Ini tentu sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat Desa Citimun khususnya dalam pemahaman di masyarakat. Bagaimana pentingnya pemberantasan sarang nyamuk Demam berdarah. Kemudian kami juga berharap mudah-mudahan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bukan hanya sekali ini saja, tetapi ada kelanjutanya. Dimana, kedepannya ada evaluasi dari tim PKM UPI, baik di bulan berikutnya atau tahun berikutnya supaya angka kasus DBD di Desa Citimun semakin berkurang dan kalau bisa sampai Nol dalam arti sampai tidak ada kejadian kasus DBD lagi,” tutupnya. (ahm/adv)

 

KETUA PKM :

Drs Akhmad Fauzi AMK MSi.

 

ANGGOTA :

1.Popon Herawati SKP M Kum.

2.Ahmad Purnama SKP M Kes.

 

Mahasiswa:

1.Nindita Dwi Putri .

2.Tena Siti Nurlatifah.

3.Gumelar Turmuzi.

 

NARASUMBER:

DR Hendriawan.

 

Baca juga: Sinopsis Film Ivanna, Menceritakan Tentang Kisah Nyata Noni Ivanna van Dijk yang Meninggal Tragis Karena Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *