Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan
ilustrasi tomat (ist/nett)
0 Komentar

 

Manfaat buah tomat lain untuk kesehatan jantung adalah kolesterol total, kolesterol LDL dan kadar trigliserida. Selain itu, asupan buah tomat juga bisa menurunkan penggumpalan berlebihan sel platelet. Penggumpalan ini dapat menyebabkan pembekuan dan penyumbatan yang tidak diinginkan. Pencegahan atas penggumpalan ini penting bagi kesehatan jantung.

*2. Anti Kanker*

Manfaat buah tomat untuk mencegah kanker sudah diketahui secara luas. Meskipun belum ada keterangan yang lebih spesifik terhadap jenis kankernya.

Kandungan anti oksidan dan anti peradangan yang terdapat pada buah tomat ditengarai sebagai zat yang berperan mengobati dan menurunkan resiko kanker.

Baca Juga:Komoditas Jagung Berikan Manfaat BesarRidwan Kamil: Ada Relasi Positif dengan Ekonomi Lokal

Sejauh ini, buah tomat dipercaya sebagai makanan yang bisa menurunkan resiko jenis kanker prostat karena kandungan zat alpha-tomatine. Zat tersebut telah terbukti memicu kematian sel apoptosis pada sel kanker prostat. Selain itu, alpha tomatine juga bermanfaat untuk menekan pertumbuhan kanker paru-paru, kanker pankreas dan kanker payudara.

*3. Kesehatan Tulang*

Manfaat buah tomat untuk kesehatan tulang ditunjukkan dalam penelitian terbaru bahwa lycopen yang terdapat dalam buah tomat berperan aktif untuk menjaga jaringan tulang. Lycopen merupakan zat antioksidan yang bisa menurunkan tingkat oksidasi pada tulang. Dengan kata lain, lycopen mencegah perapuhan tulang.

Konsumsi tomat dianjurkan bagi orang-orang yang mengalami penurunan massa tulang seperti osteoporosis atau perempuan yang mengalami masa menopause. Untuk mendapatkan jumlah lycopen yang cukup, konsumsi kira-kira dua gelas jus. (**)

Oleh: Nadya Natiqoh

Mahasiswa Teknologi Pangan

Fakultas Teknologi Industri Pertanian

Universitas Padjajaran

0 Komentar