Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan
ilustrasi tomat (ist/nett)
0 Komentar

sumedangekspres – Buah tomat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Sebagaimana jenis buah-buahan yang banyak mengandung betakaroten, manfaat buah tomat yang paling dirasakan adalah sebagai sumber vitamin yakni vitamin C, vitamin K dan vitamin A.

Selain itu, masih terdapat segudang manfaat buah tomat ditinjau dari segi kesehatan. Buah tomat memiliki kandungan serat tinggi dan biotin. Zat-zat tersebut sangat berguna bagi orang-orang yang sedang diet, baik untuk menurunkan berat badan maupun menjaga kebugaran tubuh.

Selain untuk pangan, manfaat buah tomat juga bisa digunakan untuk

perawatan kecantikan. Buah tomat digunakan sebagai masker untuk memperindah kulit wajah dan menghilangkan jerawat. Selain itu, juga digunakan untuk perawatan rambut.

Baca Juga:Komoditas Jagung Berikan Manfaat BesarRidwan Kamil: Ada Relasi Positif dengan Ekonomi Lokal

Tomat merupakan tanaman yang berasal dari daerah Amerika Tengah dan Selatan. Penyebarannya dimulai pada era kolonialisasi bangsa Spanyol atas daerah itu. Tomat menyebar ke Eropa dan Asia. Nama ilmiah buah tomat adalah Lycopersicum esculentum.

Tanaman tomat bisa tumbuh baik di dataran rendah dengan ketinggian 200-500 mdpl. Namun, untuk hasil yang optimal, biasanya dibudidayakan di dataran tinggi di atas 900 mdpl.

Suhu yang terlalu dingin dibawah 13 derajat celcius dapat menurunkan produksi, sedangkan suhu yang terlampau tinggi diatas 32 derajat celcius bisa menghambat polinasi dan fertilisasi. Sehingga, buah tidak terbentuk.

Zat yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh adalah antioksidan. Buah tomat memiliki banyak kandungan antioksidan yang berguna bagi kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya adalah:

*1. Kardiovaskuler*

Manfaat buah tomat dalam sistem kardiovaskuler terkait dengan dua fungsi antioksidan dan zat yang mengatur regulasi lemak dalam aliran darah. Zat antioksidan sangat diperlukan sistem kardiovaskuler dan jaringan perdaran darah.

Salah satu antioksidan yang memiliki peran besar adalah lycopen. Zat ini membantu menurunkan peroksidasi lipid dalam darah. Peroksidasi lipid adalah suatu proses dimana lemak yang terdapat di membran sel melapisi pembuluh darah.

Kerusakan ini bisa diperbaiki dengan antioksidan yang tepat.

0 Komentar