Pantau Harga, Mendag Sidak Pasar Sehat Sabilulungan

Pantau Harga, Mendag Sidak Pasar Sehat Sabilulungan 
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan saat berdialog dengan pedagang pasar sehat Sabilulungan dan secara langsung menanyakan harga kebutuhan pokok. (ENGKOS KOSWARA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedangekspres, CICALENGKA – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengaku telah berhasil mengendalikan harga minyak goreng. Hal itu disampaikanya saat mengunjungi Pasar Sehat Sabilulungan Cicalengka Kabupaten Bandung, Senin (25/7).

Menurutnya, Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama pihak-pihak terkait telah mengupayakan berbagai cara untuk mengendalikan harga, baik minyak goreng curah maupun minyak goreng kemasan.

“Minyak goreng curah itu ada di mana-mana, bahkan di Jawa-Bali sudah di bawah Rp15 ribu. Rata-rata antara Rp 13 ribu-Rp13,5 ribu (per liter). Kalau Rp 14 ribu itu biasanya pakai botol,” ujarnya di hadapan para pedagang.

Baca Juga:Kemajuan Agama Islam pada Masa Bani AbbasiyahSejarah Khulafaur Rasyidin

Selain itu, kata dia, para pedagang pasar sehat Sabilulungan ini sudah siap dalam implementasi program digitalisasi pasar rakyat Indonesia yang difasilitasi salah satu perusahaan start up (Tokopedia).

“Soal kesiapan digitalisasi dalam memasarkan dagangannya bisa langsung tanya kepada para pedagang itu sendiri,” kata Zulkifli.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan memantau harga minyak goreng di lokasi pasar sehat Sabilulungan dan mendapati penurunan harga sejumlah bahan pokok. Komoditas yang mengalami penurunan harga cukup signifikan seperti cabai dan bawang merah selain minyak goreng.

Namun, kata Zulkifli, hal yang perlu diperhatikan adalah ketersediaan barang supaya harga kebutuhan pokok bisa terus stabil dan masyarakat tidak kesulitan untuk mendapatkan barang yang dibutuhkannya.

Saat ini dari data yang ada pasar sehat Sabilulungan yang di bangun saat kepemimpinan Bupati Kabupaten Bandung H Dadang Naser diisi jumlah pedagang sebanyak 1.514 kios los dan PKL. (kos)

0 Komentar