UMKM Berkembang dengan Dorongan Masyarakat

UMKM Berkembang dengan Dorongan Masyarakat
Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir mendorong agar masyarakat menggunakan produk asli Sumedang untuk memajukan UMKM (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, DARMARAJA – Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir menganjurkan warga Sumedang mencintai produk asli Sumedang.

Untuk pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Sumedang, harus ada dukungan dari masyarakatnya sendiri. Terutama, untuk menggunakan produk-produk yang dihasilkan pelaku UMKM di Sumedang.

Bupati menyebutkan, setiap produk yang dihasilkan pelaku UMKM itu harus mendapat sambutan baik dari masyarakat. Minimalnya, produk-produk tersebut digunakan oleh masyarakat.

Baca Juga:Ketahanan Pangan, Prioritas Utama Sumedang UtaraPuluhan UMKM Masuk Marketplace, Digitalisasi UMKM Sudah Berkembang

“Untuk mengembangkan UMKM di Sumedang, harus dapat dukungan dari warga Sumedang juga. Kita harus bangga menggunakan produk Sumedang,” katanya saat mengunjungi Darmaraja Festival.

Dalam hal ini, pihaknya menilai produk asli Sumedang akan sulit berkembang pada saat masyarakatnya sendiri belum banyak yang menggunakannya. Pasalnya, warga dari luar daerah Sumedang akan mempertanyakan kualitas produk asal Sumedang tersebut karena warga Sumedangnya sendiri tidak mau menggunakan.

“Sebelum produk-produk asal Sumedang dipasarkan ke luar daerah. Harusnya warga Sumedang sudah menggunakannya,” kata dia.

Selain itu, dia juga menyarankan agar pelaku UMKM memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) dan legalitas lainnya.

“Yang belum punya NIB maka secepatnya daftarkan,” tutupnya. (eri)

0 Komentar