Desa Gunasari Fokus pada Peternakan dan Budidaya Lele

Desa Gunasari Fokus pada Peternakan dan Budidaya Lele
Kepala Desa Gunasari Muhtar (kanan) dengan Babinkantibmas seusai Kegiatan pembagian BLT DD di Desa Gunasari, Senin (8/8) (ACHMAD SOFA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Realisasi program ketahanan pangan dari anggaran 20% Dana Desa (DD) tahun 2022 di Desa Gunasari Kecamatan Sumedang Selatan diterapkan pada bidang peternakan dan budidaya ikan Lele .

Hal itu disampaikan Kepala Desa Gunasari Muhtar melalui Sekretaris Desa Aan Rohanah kepada Sumeks, Senin (8/8).

“Untuk program pemerintah dengan Peraturan Presiden Nomor 104 tahun 2021 yang sekarang yang kita terapkan dan realisasikan. Diantaranya, 40 % anggaran DD tahun 2022 Kita salurkan pada pembagian Bantuan Lansung Tunai (BLT) DD pada 109 KPM tiap bulannya. Sementara, anggaran 20 persen Dana Desa yang berkaitan dengan ketahanan pangan, Alhamdulillah untuk Desa Gunasari kita fokuskan ke dalam program peternakan dan Budidaya Palawija,” katanya.

Baca Juga:Pesta Rakyat Simpedes di Karawang: 25 Ribu Orang Aktivasi BRIMo dalam 3 Hari Melalui Penyuluh Digital BRI, Pelaku UMKM dan Masyarakat Semakin Go DigitalBharada Eliezer Kirim Surat ke Keluarga Brigadir Joshua, Bikin Terharu

Secara teknis, lanjut Aan, untuk program peternakan difokuskan ke pembibitan ternak Domba. Pihaknya membuat kelompok dengan lokasi penempatan teknisnya di empat Dusun. Yaitu, Dusun Sukamulya, Dusun Sembir, Dusun Cihonje dan Dusun Ciawi Nanggerang dengan jumlah bibit domba 10 ekor. Untuk rencana realisasinya akan mulai bergerak di tahap dua,” katanya.

Aan menuturkan, untuk program yang kedua dari 20 persen anggaran DD itu diterapkan pada  program Perikanan Budidaya Ikan Lele dalam kolam terpal pada satu kelompok peternak dengan anggota 10 orang. Disamping itu ada juga budidaya palawija di pekarangan rumah yang merata di tiap RW,” katanya.

Aan mengatakan, sementara anggaran 32 persen DD diterapkan  pada pembangunan Destinasi Wisata Kolam Renang dengan rencana kedepan dikelola Bumdes. Harapannya bisa mengembangkan  Bumdes Desa Gunasari.

Dia berharap dengan program yang diberikan oleh Pemerintah terkait anggaran DD 2022 untuk program ketahanan pangan, semua program desa ini bisa lebih meningkatkan ekonomi masyarakat. Khususnya, bagi masyarakat Desa Gunasari. Karena, memang untuk Gunasari lebih dominan ke peternakan dan perikanan.

“Jadi kita mencoba berinovasi untuk membudidayakan ternak domba dan ikan Lele dengan tujuan  untuk lebih meningkatkan perekonomian yang ada di masyarakat Gunasari. Diharapkan program ini berkembang dan bisa berkelanjutan,” tutupnya. (ahm)

0 Komentar