Memberdayakan Tanah Kas Desa

Memberdayakan Tanah Kas Desa
Kepala Desa Jatimulya Entis Sutisna S Sos, saat ditemui Sumeks beberapa waktu yg lalu (ACHMAD SOFA - SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Dalam rangka mendukung Program Ketahanan Pangan, Desa Jatimulya Kecamatan Sumedang Utara memprioritaskan pengelolaan Tanah Kas Desa (TKD) dengan penanam bibit pohon.

Kepala Desa Jatimulya Entis Sutisna mengatakan, program Ketahanan Pangan yang sedang digarapnya itu memberdayakan dua lokasi tanah kas desa, yang berlokasi Di Leweungtiis dan di blok Pasirpogor.

“Ada dua jenis bibit pohon yang akan kami tanam untuk. Pertama bibit pohon jangka panjang meliputi bibit pohon duren, bibit pohon alpukat serta bibit pohon Pete, semuanya sekitar 300 pohon,” kata Kades kepada Sumeks belum lama ini.

Baca Juga:Tim Dosen UPI Kampus Sumedang Gelar Pelatihan dan Workshop Program PKMMaknai Kemerdekaan RI, BRI Salurkan Dana Pendidikan bagi 68 Paskibraka dan 1.800 Anak Pelaku Usaha Mikro

Kedua, sambung Entis, bibit pohon jangka pendek. Yakni bibit tanaman Kapol di areal tanah kas desa seluas 3 hektar dengan pengadaan bibit dan pupuk dari anggaran Dana Desah.

“Dalam pengelolaanya, kami akan bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Desa ( Bumdes ), dengan ketentuan bagi hasil 70-30.
70 persen bagi petani pengelola dan 30 persen akan dimasukan ke kas Bumdes ” katanya.

Dengan dilimpahkanya program Ketahanan Pangan tersebut, Entis berharap dapat mendongkrak perekonomian masyarakat Desa Jatimulya.

“Mudah-mudahan bisa meningkat, ketahanan pangan bisa lebih kuat dan program ini bisa berkembang di desa kami ,” pungkasnya. (ahm)

0 Komentar