Pemda Sumedang Desak Penggantian Jalan Akibat Proyek Tol Cisumdawu

Pemda Sumedang Desak Penggantian Jalan Akibat Proyek Tol
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir saat berkunjung ke Kantor Kementerian PUPR RI, Jakarta belum lama ini (ist)
0 Komentar

sumedangekspres, JAKARTA – Kementerian PUPR Republik Indonesia akan mengakomodir berbagai usulan yang disampaikan Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir pada saat bersilaturahmi ke Kantor Kementerian PUPR RI, Jakarta belum lama ini.

“Saya menyampaikan beberapa usulan (ke Kementerian PUPR) agar Kabupaten Sumedang lebih baik lagi dari segi infrastukturnya, jalannya, bendungannya dan lainnya. Alhamdulillah diterima dengan baik,” ucapnya.

Salah satu usulan yang disampaikan Bupati ialah banjir yang menggenangi pesawahan dan pemukiman warga sebagai dampak pembangunan Tol Cisundawu di Desa Sukasirnarasa, Rancakalong yang sempat viral.

Baca Juga:HUT RI ke 77 Polres Sumedang Gelar Olahraga Bersama dan BaksosKamonesan Warga Dalam Pawai Karnaval

“Saluran air tertutup disposal proyek tol sehingga meluap saat debit air tinggi dan akhirnya menggenangi pesawahan. Kami ingin ini segera ditangani,” katanya.

Usulan lainnya terkait penanganan Bendung Cariang di Desa/Kecamatan Ujungjaya yang tidak berfungsi sejak dua tahun lalu akibat jebol dilanda banjir bandang.

“Bendung Cariang yang dibangun 1911 ini membendung Sungai Cipelang dan mengairi 1.603 hektare sawah di enam desa di Ujungjaya,” katanya.

Bupati menjelaskan, air mengikis bagian kiri badan bendung sehingga air tidak bisa masuk ke saluran intake irigasi.

“Oleh karena itu, kami usulkan agar Kementerian PUPR segera menormalisasi irigasi atau saluran-saluran air tersebut,” ucapnya.

Permasalan lainnya yang harus segera ditangani, lanjut Bupati, perbaikan ruas jalan yang rusak karena dilalui kendaran material proyek Tol Cisumdawu yaitu ruas Jalan Paseh-Conggeang.

“Selain perbaikan jalan, kami juga mendesak untuk penggantian beberapa luas jalan yang hilang akibat digunakan proyek tol Cisundawu,” katanya.

Baca Juga:Ini Upaya Pemerintah Lestarikan Kain BatikAtalia Kamil Resmikan Rumah Belajar Batik, Tasikmalaya Punya Potensi Ekonomi Kreatif

Bupati mengungkapkan, setelah mendengarkan semua usulan, Staf Ahli Menteri memutuskan akan langsung datang ke Sumedang untuk melihat situasi di lapangan.

“Jadi terima kasih Pak Endra atas penerimaannya. Mohon doanya usulan-usulan dari kami bisa di-follow up karena semuanya untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sumedang,” katanya.

Sementara itu, Endra menyatakan rasa bangganya bisa ikut serta dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Sumedang.

“Apalagi di sana ada proyek strategis nasional mulai dari Bendungan Jatigede, Cipanas, Sadawarna dan Tol Cisumdawu,” katanya.

Ia akan mengakomodir apa yang diusulkan untuk disampaikan kepada yang berwenang di instansinya.

0 Komentar