Mari Sukseskan Tahapan Pemilu Dengan Hati Tenang dan Senang

Mari Sukseskan Tahapan Pemilu Dengan Hati Tenang dan Senang
Dodi Partawijaya MPd, Ketua PDPM Sumedang dan Wakil Ketua DPD KNPI Sumedang (ist)
0 Komentar

 

Hati, atau suasana hati yang tenang, senang, dan bahagia atau jiwa yang mutmainnah yang oleh penulis diyakini bisa menjadi modal dalam menyukseskan tahapan pemilu, harus mendapat perhatian lebih, dijaga, dan dirawat. Untuk hal ini, hati pun harus digunakan pada sesuatu yang positif, produktif, dan kontributif, selain itu harus setiap saat mendapatkan asupan ‘gizi’ yang tentunya bersifat spiritual, abstrak, kebaikan, kebenaran, etis, dan estetis.

Agar hati bisa pula selalu tenang, senang, dan bahagia, maka harus sering disirami dengan ‘dzikir’ dan terpaut indah dengan ‘pikir’. Hati, harus selalu ditautkan pada harapan-harapan mulia dan positif. Hati harus senantiasa berada dalam dimensi sikap saling menghormati, dan termasuk sikap mengapresiasi. Bentuk apresiasi tentunya banyak, tanpa kecuali apresiasi dari institusi lain atas kinerja penyelenggara pemilu, bisa menjadi pemantik suasana hati yang tenang, senang, dan bahagia.

Hati yang tenang dan senang adalah modal penting untuk menyukseskan tahapan pemilu. Bahkan jika kita merenungi berbagai problem yang terjadi dalam reaslitas sosial-politik, termasuk dalam konteks yang bersentuhan dengan sengketa dan pelanggaran dalam pemilu, bisa dipastikan bahwa pemicu utama, karena ada yang tidak beres dalam hati para pelakunya. Jika hati bermasalah, ketersediaan regulasi, petunjuk teknis, kecukupan sarana dan prasarana tidak mampu memberikan jaminan atas pencapaian kesuksesan setiap tahapan.

Baca Juga:Jabar Tuan Rumah Rakernis KI se- Indonesia Ridwan Kamil: Mari Berinovasi untuk DemokrasiSMPN 2 Situraja Kebakaran, Pembangunan Kelas Jadi Prioritas

Marilah Kita Sukseskan Tahapan Pemilu dengan Hati Tenang, Senang dan Riang Gembira.  (*)

Oleh: Dodi Partawijaya MPd (Ketua PDPM Sumedang dan Wakil Ketua DPD KNPI Sumedang)

0 Komentar