Musim Cengkeh Tahun Ini Sangat Singkat

Musim Cengkeh Tahun Ini Sangat Singkat
ist/nett
0 Komentar

sumedang, WADO – Musim tahun ini cengkeh minim berbuah. Petani Cengkeh di Desa Sukajadi Kecamatan Wado mengeluhkan minimnya buah cengkeh musim ini.  Padahal, cengkeh merupakan andalan petani di desa tersebut untuk mendongkrak perekonomian masyarakat.

Salah satu warga di Desa Sukajadi, Dede menyebutkan, minimnya cengkeh di kawasan desa tersebut berdampak kepada tersendatnya perekonomian masyarakat.

“Saya menyayangkan cengkeh ditahun ini sangat minim, padahal cengkeh jadi andalan masyarakat Sukajadi,” katanya kepada Sumeks, baru-baru ini.

Baca Juga:KKS Harus Dipegang PemiliknyaKades Pimpin Pemilihan Ketua Karang Taruna Desa Sindanggalih

Dede menerangkan, saat musim cengkeh tiba, biasanya warga Sukajadi mengalami peningkatan perekonomian. Momen tersebut, sangat dinanti-nantikan para petani dan masyarakat sekitar.

Sayangnya, untuk tahun ini, musim cengkeh berlangsung sangat singkat. Hal itu dikarenakan pohon cengkeh hanya memproduksi cengkeh dengan jumlah yang sangat minim.

“Musim ini sangat kita nanti-nantikan, biasanya perekonomian disini akan meningkat pesat saat musim cengkeh. Tetapi untuk kali ini musim cengkeh sangat singkat, sekarang aja cengkeh sudah habis di kebunnya,” katanya.

Dikatakan, intensitas curah hujan jadi salah satu faktor minimnya cengkeh tahun ini. Apalagi akhir-akhir ini, hujan kembali turun terus menerus. Hal itu tentu berdampak buruk bagi produksi cengkeh.

Meskipun, diketahui harga cengkeh tahun ini cukup tinggi, tapi produksi cengkehnya sangat lemah. Hal itu jelas tidak bisa mendongkrak perekonomian masyarakat. (eri)

0 Komentar