Perencanaan Desa dan Kabupaten Harus Sinkron

Perencanaan Desa dan Kabupaten Harus Sinkron
Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Lili Rahli di tempat kerjanya, kemarin (
0 Komentar

sumedang, KOTA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumedang memberikan tiga perencanaan program untuk Desa dan Kabupaten agar sinkron. Sehingga, perencanaan Desa dan Kabupaten dapat sesuai dengan perencanaan yang sudah ditetapkan.

Seperti dikatakan Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumedang Lili Rahli kepada Sumeks, Senin (12/9).

Dikatakan, untuk perencanaan di DPMD yang sedang berlangsung yaitu penetapan APBD tepat waktu. Proses perencanaan sesuai dengan regulasi dan sinkronisasi perencanaan Desa dan Kabupaten.

Baca Juga:Babinsa Ingatkan Warga Aktifitas Dihutan Beritahukan KeluargaKenaikan BBM, Apindo Sumedang Dukung Pemerintah

“Soalnya kemarin untuk kegiatan di Desa dan Kabupaten itu ada perbedaan,” ujar Lili.

Menurutnya, ada permasalahan klasik yang bergulir seperti dana alokasi Desa yang belum pasti. Pasalnya, sinkronisasi perencanaan Desa dan Kabupaten bahkan pusat tidak sesuai.

“Ada juga permasalah APBD yang kurang tepat dalam segi penetapannya,” katanya.

Menurutnya, pihaknya sedang melakukan sinkronisasi tersebut agar setiap perencanaan Desa, Kabupaten atau pun pusat bisa sinkron dan sesuai dengan apa yang telah di tetapkan.

“Program ini sudah mulai dari bulan Agustus sampai dengan tahun depan. Mudah-mudahan adanya perubahan,” tambahnya.

Dia berharap dengan adanya program ini dapat memberikan kemudahan dalam perencanaan yang sesuai dengan kebijakan dan akan membangun Desa atau Kabupaten ke arah yang lebih baik.

“Harapan kami ya tiga program tersebut dapat terwujud dengan baik,” pungkasnya. (wly)

0 Komentar