Ridwan Kamil Ajak Staf Ahli Kepala Daerah Tanggap Terhadap Isu Global

Ridwan Kamil Ajak Staf Ahli Kepala Daerah Tanggap Terhadap Isu Global
Ridwan Kamil Ajak Staf Ahli Kepala Daerah Tanggap Terhadap Isu Global (ist)
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA BANDUNG – Staf Ahli (Sahli) Kepala Daerah di Indonesia untuk tanggap merespons berbagai isu global. Hal itu karena pembangunan daerah akan terpengaruh kondisi global.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil, saat menyampaikan Keynote Speech dalam Rapat Kerja Nasional Forum Staf Ahli Kepala Daerah (Forsakada) Tahun 2022 secara virtual dari Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (16/9/2022).

Menurut, Ridwan Kamil, dunia saat ini mengalami tiga disrupsi sekaligus. Pertama, disrupsi pandemi Covid-19 yang mengubah gaya hidup masyarakat dunia.

Baca Juga:Ridwan Kamil: Asah Selalu Kemampuan untuk Jabar JuaraPenyaluran BLT BBM Di Jabar Tak Temui Kendala

Sedangkan disrupsi kedua yakni industri 4.0. Hal itu ditandai dengan semakin masifnya penggunaan Internet of Things (IoT) yang telah mengubah beragam sendi kehidupan.

“80 juta lapangan pekerjaan akan hilang, warga akan pindah ke pekerjaan baru,” kata Ridwan Kamil.
Ridwan Kamil menuturkan, Jabar merespons dirupsi industri 4.0 dengan menggagas sejumlah program. Salah satunya yakni program Desa Digital. Sedangkan di sektor pertanian, Jabar menggaungkan Petani Milenial yang merupakan salah satu upaya untuk meregenerasi petani.

“Siram tanaman pakai “hp”, jualan pakai “hp”. Sebanyak 1.300 Petani Milenial sudah diwisuda di bulan Maret. Jabar bulan lalu jadi provinsi dengan TPID terbaik di Indonesia untuk Jawa-Bali, mengendalikan pertanian dengan basis digital,” tutur Ridwan Kamil.

“Rumusnya di masa depan, orang tidak perlu ke kota. Dulu, orang ke kota karena dianggap di kota banyak pekerjaan. Setelah Covid-19 dan revolusi digital, kita bisa tinggal di mana saja, tapi bisa mendapatkan “income”. Prinsipnya, tinggal di desa, rezeki kota, bisnis mendunia. Itulah yang harus kita tawarkan,” imbuhnya.

Adapun disrupsi ketiga yakni pemanasan global. Menurut Ridwan Kamil, dampak pemanasan global sudah terasa di Jabar, di antaranya sekitar 800 hektare tanah di utara Jabar menjadi laut dan cuaca susah diprediksi.

“Kita harus beradaptasi dari sekarang, sudah dua tahun saya pakai mobil listrik. Kita harus jadi pemimpin dengan gaya hidup rendah karbon, meninggalkan gaya hidup yang boros karbon,” ucap Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil juga mengatakan, di tengah disrupsi dan tantangan, ada potensi yang harus digali dan dimanfaatkan. Salah satunya adalah energi baru terbarukan.

0 Komentar