Membangun Masa Depan Jabar Selatan, Komitmen Pemprov Jabar Angkat Perekonomian

Membangun Masa Depan Jabar Selatan, Komitmen Pemprov Jabar Angkat Perekonomian
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melepas peserta Cycling de Jabar. Kegiatan ini merupakan upaya mengembangkan wisata Jabar Selatan (ist)
0 Komentar

sumedangekspres, SUKABUMI – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkomitmen membangun wilayah Jawa Barat bagian selatan lewat pariwisata. Banyak potensi yang bisa dikembangkan guna mengangkat perekonomian masyarakat.

Ridwan Kamil mengklaim, kondisi Jabar Selatan mirip dengan Prancis Selatan. Daerah tersebut kaya potensi keindahan alam, perkebunan, perikanan, hingga energi baru terbarukan. Dari Ciletuh Sukabumi sampai Pangandaran semua jenis keindahan berkumpul. Mulai sawah, sungai, air terjun, dan laut.

“Selain keindahan alam yang ada, infrastruktur jalan di Jabar Selatan tak ada bolong-bolong. Insya Allah mulus,” tegasnya.

Baca Juga:Ispektorat Temukan Pelanggaran, Penyaluran BLT BBM Untuk Kebutuhan Pangan83 Juta Lebih Warga Jabar Sudah Divaksinasi, Tertinggi se-Indonesia, Berharap Covid-19 Seperti Flu Biasa

Tak cukup sampai di situ, Pemprov Jabar berkomitmen membangun berbagai proyek investasi di wilayah Jabar selatan pada tahun 2022 ini. Mencakup proyek transportasi, pariwisata dan ekonomi, pengairan dan irigasi, kelautan dan perikanan, serta penanganan bencana.

“Secara total, proyek investasi di Jawa Barat bagian selatan ini diperkirakan mencapai Rp7,9 triliun,” ujar Ridwan Kamil.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini terus mendorong percepatan pembangunan di Jabar bagian selatan. Dalam perjalanannya, kata dia, pihaknya telah memiliki konsep pembangunannya.

“Kalau Rebana itu melompatkan ekonomi, sementara Jabar Selatan ini menyetarakan ekonomi. Maka nanti di hari-hari ini dan besok, ada akad kredit kepada 400 warga melalui program Kredit Mesra yang tanpa bunga, tanpa agunan, tapi satu kelompok berlima,” tutur Kang Emil.

Kang Emil menilai, program Kredit Mesra dapat membangkitkan perekonomian wilayah Jabar Selatan. “Ini cara Pemerintah Provinsi Jabar untuk memastikan kelompok paling bawah itu terakses. Dari pada kena rentenir, kena pinjol. Saya hadirkan namanya Kredit Mesra itu,” tuturnya.

Kang Emil pun menyatakan, jika aksesibilitas menuju wilayah Jabar Selatan meningkat, maka perekonomian Jabar Selatan akan meningkat juga dan berdampak bagi warga lokal.

“Suatu hari Jabar Selatan mudah diakses, kemudian perikanannya meningkat, pertaniannya meningkat, pariwisatanya meningkat, kemudahan akses meningkat, olahraga meningkat. Itulah akhirnya masa depan Jabar Selatan, yang indah, yang luar biasa,” ucapnya.

Baca Juga:CSIS: Golkar Terpopuler di Pemilih Muda, Dibanding PDIP, Gerindra dan DemokratDinilai Masih Undervalue, BRI Lakukan Buyback Saham

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat (Disparbud Jabar) Benny Bachtiar mengemukakan, Pemprov Jabar berencana mengembangkan sektor pariwisata Jabar Selatan dengan melibatkan masyarakat. Skemanya dengan permodalan dari perbankan dan pengelolaannya melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

0 Komentar