IDM Tinggi, Jabar Prioritaskan Membangun Dari Desa

IDM Tinggi, Jabar Prioritaskan Membangun Dari Desa
Kegiatan Gebyar Potensi Desa ramai diikuti jajaran pemerintah dari berbagai tingkatan bersama warga setempat (ist)
0 Komentar

 

Ia menyebutkan, terdapat desa 10 di Jabar dengan nilai IDM tertinggi. Yakni: Desa Panjalu (Kab. Ciamis), Desa Lengkong (Kab. Bandung), Desa Dayeuh, Desa Bojong Kulur, Desa Pondok Udik, Desa Bojonggede (Kab. Bogor), Desa Bungursari, Desa Wanakerta (Kab. Purwakarta), dan Desa Pangandaran (Kab. Pangandaran).

“Khusus Desa Panjalu, juga masuk dalam 10 besar desa mandiri secara nasional”, ungkap Kepala DPMD Jabar.

Namun demikian, meskipun status desa di Jabar masuk dalam kategori maju secara rata-rata. Tetapi dari indeks komposit ekonomi masih terbilang rendah. Dengan poin 0,6956 jika dibandingkan dengan indeks komposit sosial sebesar 0,8367 dan indeks komposit lingkungan sebesar 0,7264.

Baca Juga:Kapolres Sumedang: Berikan Informasi Mendidik Bagi MasyarakatStunting Sumedang Sentuh Angka 8,27 Persen, Menurun Drastis

“Artinya ini menunjukkan bahwa sektor ekonomi desa perlu adanya perhatian yang cukup besar, dan intervensi atau treatmentsecara serius,” tegasnya.

Kendati demikian, DPMD Jabar telah menyusun 2 (dua) model strategi intervensi kebijakan. Yakni Intervensi Program berbasis Data IDM oleh Perangkat Daerah sesuai kewenangan dan membangun Desa percontohan melalui intervensi program bersama Perangkat Daerah lainnya. (red)

0 Komentar