Puluhan Tahun Sumedang Bebas Rabies

Puluhan Tahun Sumedang Bebas Rabies
Seorang pemilik kera membawa hewan miliknya untuk mengikuti kegiatan gebyar vaksin, kemarin (KEGGA KEGGYAN/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Wilayah Kabupaten Sumedang telah puluhan tahun bebas dari rabies. Dalam mengantisipasi adanya rabies kembali, Dinas Perikanan dan Peternakan lakukan gebyar vaksinasi rabies gratis.

Kurang lebih ada 9 titik lokasi gebiyar vaksinasi rabies se-Kabupaten Sumedang.

Kepala UPTD Dinas Perikanan dan Peternakan wilayah Kota Murshid mengungkapkan pihaknya telah melakukan ratusan vaksinasi pada hari ini, Rabu (28/9).

“Kita lakukan vaksinasi massal dalam rangka Hari Rabies Sedunia, kami lakukan ini ke setiap UPTD wilayah total ada 9 titik,” jelas Mursid.

Baca Juga:Antrean Panjang di SPBU, Pegawai Bekerja KerasWarga Butuh Akses ke Pusat Kota

Ratusan anjing, kucing bahkan hingga kera ikut mengantri untuk  dilakukan vaksinasi.

“Sasarannya sendiri adalah Hewan Penular Rabies (HPR). Kurang lebih ada sekitar 179 hewan yang divaksin disini,” tambah Mushid.

Dikatakan, Sumedang telah  puluhan tahun bebas dari rabies. Namun, beberapa kabupaten tetangga ada yang tercatat terjangkit rabies, makanya hal ini sebagai antisipasi penularan.

“Sebenarnya puluhan tahun Sumedang Bebas Rabies. Ini untuk mengantisipasi karena kabupaten tetangga dalam beberapa tahun terakhir masih tercatat ada rabies,” terangnya.

Sementara itu, seorang pemilik satwa Mira mengaku senang dan telah rutin melakukan vaksinasi setahun sekali sebagai antisipasi penularan penyakit.

“Sudah rutin jadi saya ikut kali ini, mumpung ada gebyar vaksin,” ungkap Mira. (kga)

0 Komentar