Dewan Dorong Pengadaan Lahan Relokasi UPTD Puskesmas Cimanggung

Dewan Dorong Pengadaan Lahan Puskesmas Cimanggung
UPTD Puskesmas Cimanggung sudah tidak layak lokasinya dan berencana pindah (ENGKOS KOSWARA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, CIMANGGUNG – UPTD Puskesmas Cimanggung iditinjau dari sisi manapun sudah sangat tidak layak. Tempatnya terlalu sempit, lahan parkir saja tidak ada. Sedangkan harus menampung 70% wilayah Kecamatan Cimanggung.

Seperti dikatakan Sekretaris Komisi III DPRD Kabupaten Sumedang dr. Iwan Nugraha rencana untuk relokasi sudah sejak lama, hanya saja ada beberapa kendala teknis-non teknis sehingga belum terlaksana hingga saat ini.

Sebenarnya, kata Iwan sejak 10 tahun lalu pernah ada pengadaan lahan buat Puskesmas Cimanggung tapi sangat tidak layak. Akhirnya cuma bisa jadi kantor pengendalian penduduk (Dalduk).

“Kejadian itu jangan sampai terulang lagi. Bisa mubazir,” ucapnya.

Baca Juga:Korban Longsor Pertanyakan Nasib, Datangi Kantor BappppedaPolisi Masih Periksa Kejiwaan Pelaku Penodongan

Ia berharap tahun 2023 nanti kita dorong untuk pengadaan lahan, di perubahan 2022 ini insya Alloh ada persiapan apraisal lahan terlebih dahulu.

“Nanti kedepannya untuk pembangunan bisa lebih mudah. Karena permasalahan utama di kita ini adalah terkait sulitnya lahan, karena permasalahan utama ini adalah terkait sulitnya pengadaan lahan.

“Apakah kepindahan puskesmas Cimanggung berbarengan dengan rencana Puskesmas DTP. Harapannya pasti seperti itu tapi kan itu next step nya,”tuturnya.

Diberitakan sebelumnya Kepala UPTD Puskesmas Cimanggung drg Iting Mursyidah Hanum  mengaku puskesmas Cimanggung yang berlokasi di Desa Sindangpakuon saat ini berencana pindah lokasi di sekitar Bangkir Desa Sindanggalih Kecamatan Cimanggung.

Saat di tanya Sumeks apakah kepindahan itu ada hubungannya dengan rencana di bangunya Puskesmas DTP, Namun kepala Kapus Cimanggung itu tidak menjelaskan secararinci soal kepindahan itu.

“Tahun 2023 nanti rencana pembelian lahan relokasi. selanjutnya di tahun
2024 baru di mulai pembangunan nya,” jelasnya.

Dijelaskanya dipastikan lokasi Puskesmas Cimanggung ini pindah yang tadinya lokasinya di sekitar Desa Sindangpakuon kini rencana lokasinya di Dusun Bagkir Desa Sindanggalih.

Baca Juga:Lahan Wado Kurang Mendukung Untuk Cetak Lahan BaruAkses Internet Bantu UMKM Lebih Maju

Hanya, saja kata Iting, kepindahan itu apakah ada hubungannya dengan DTP atau tidak. “Purubahan Puskesmas DTP ada mekanismenya. Jadi saat ini rencana pindah tempat Puskesmas yang ada sekarang sudah pasti taun depan apakah ada hubunganya dengan DTP atau tidak kita lihat kedepannya ,”tegasnya. (kos)

0 Komentar