SAR Community, Pemasyarakatan SAR Berbasis Komunitas

SAR Community, Pemasyarakatan SAR Berbasis Komunitas
Pembinaan SAR Community merupakan program pemasyarakatan SAR berbasis komunitas yang dilaksanakan oleh Basarnas guna meningkatkan kesiapsiagaan SAR. (ist)
0 Komentar

sumedang, CIMANGGUNG – Direktorat Bina Potensi Basarnas melaksanakan kegiatan SAR Community di Desa Bukanagara Kecamatan Cipunagara Kabupaten Subang pada teknik dasar Pertolongan Pertama dan Teknik Pertolongan di Gunung Hutan.

Direktur Bina Potensi Basarnas, Drs Moch Hernanto MM  dalam sambutannya menyebut bahwa pembinaan SAR Community ini merupakan program pemasyarakatan SAR berbasis komunitas yang dilaksanakan oleh Basarnas guna meningkatkan kesiapsiagaan SAR. Kegiatan ini melibatkan narasumber dari Personel Kantor SAR Bandung dan Basarnas Special Group (BSG).

Menurutnya, Potensi SAR harus memiliki kewaspadaan terhadap potensi-potensi musibah dan juga memahami bagaimana cara menghadapi kondisi kedaruratan. Oleh karena itu, pembinaan SAR Community ini menjadi salah satu wadah transfer ilmu pengetahuan dari Basarnas kepada potensi SAR.

Baca Juga:Kelestarian Ikan Ternyata Pengaruhi Mutu AirSumedang Masuk 10 Besar JDIHN Terbaik

“Apa yang personil Basarnas punya itu kualitas dan kemampuannya harus sama dengan teman teman potensi SAR, bagikan semua ilmu, baik teknik pertolongan pertama yang menjadi basic/pondasi bagi rescuer ataupun teknik pertolongan di gunung hutan,” kata Hernanto dalam sambutannya.

Dikatakan, Jawa Barat merupakan salah satu provinsi dengan tingkat kerawanan bencana yang cukup tinggi juga kondisi geografisnya yang dikelilingi oleh beberapa gunung. Sehingga, materi ini menjadi penting dan perlu untuk didapatkan oleh Potensi SAR melalui pembinaan SAR Community yang menjadi Wadah kesiapsiagaan SAR baik bencana, Kondisi membahayakan Manusia dan lain lain.

“Semoga peserta ini bisa memiliki wawasan terkait potensi bencana dan mampu memberikan himbauan bagi sesama,” harapnya. (kos)

0 Komentar