Saluran Irigasi Belum Maksimal

Saluran Irigasi Belum Maksimal
Beberapa kerusakan badan jalan Rd Umar Wirahadisusumah di kawasan Pasir Ingkik (dok sumeks)
0 Komentar

sumedang, SITURAJA – Akses jalan Raden Umar Wirahadikusuma (Darmaraja-Sumedang) sering rusak tergerus air. Ada beberapa titik ruas jalan yang sering tergerus aliran air yang meluap dari saluran irigasi.

Pantauan Sumeks, dari mulai akses jalan provinsi wilayah Kecamatan Darmaraja sampai Kecamatan Situraja ada beberapa saluran irigasi yang sering meluap. Salah satunya di betulan Desa Cikeusi (Andir), betulan Desa Karangpakuan (Karanganyar), perbatasan wilayah Darmaraja-Cisitu (Tanjakan Eba), kawasan Pasir Ingkik dan beberapa titik lagi yang masuk wilayah Kecamatan Situraja.

Sementara itu, musim penghujan sudah mulai dan intensitas curah hujannya sudah mulai tinggi. Sedangkan di sepanjang akses jalan Raden Umar Wirahadikusuma masih belum nampak ada perbaikan saluran irigasi. Padahal, saat musim hujan tiba kondisi saluran tersebut disepanjang jalan tersebut sangat buruk.

Baca Juga:Sekeluarga Terserempet Truk, Satu Orang Meninggal DuniaDari Packing Kemasan Hingga Industri Rotan Mesti Bersaing Global

Salah satu pengguna jalan Nanang menyebutkan, saat turun hujan di sepanjang jalan Darmaraja-Sumedang banyak banjir yang disebabkan luapan air dari drainase yang ada di pinggir jalan tersebut.

“Sangat tragis, saluran air di beberapa titik selalu saja tidak mampu menampung air. Dampaknya luapan air masuk ke badan jalan dan sering menyebabkan banjir. Hal itu membuat kami tidak nyaman,” kata dia, Kamis (20/10).

Selain air luapan tersebut yang seringkali menyebabkan ketidak nyamanan, juga bisa mempercepat perusakan badan jalan. Bahkan, jalan yang belum lama ini ditambal bisa kembali berlubang.

“Bagaimana jalan ini mau bertahan lama kalau saluran irigasinya seperti ini (tidak tertata dengan rapih),” jelasnya.

Warga menilai, selain budaya buang sampah sembarangan yang menjadi salah satu faktor terjadinya penyumbatan pada saluran irigasi yang masih belum bisa dihilangkan, kualitas saluran irigasi juga sangat sudah seharusnya diperbaiki.

“Seharusnya ini secepatnya di benahi dari mulai pengelolaan sampah sampai perbaikan saluran irigasi agar lebih layak,” kata warga lainnya, Indra.

Dengan kondisi seperti itu, merupakan salah satu bukti bahwa kurang adanya perhatian dari pemerintah. (eri)

0 Komentar