SDN Parakamuncang 2 Lestarikan Bahasa Ibu

SDN Parakamuncang 2 Lestarikan Bahasa Ibu
Siswa SDN Parakanmuncang 2 saat berada di lingkungan sekolah (ENGKOS KOSWARA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, CIMANGGUNG – Bahasa Sunda harus menjadi kebanggaan bagi generasi penerus mulai dari tingkat SD hingga perguruan tinggi dan masyarakat. Untuk melestarikan bahasa Ibu, yakni bahasa Sunda, sudah banyak digelar lomba di berbagai tingkatan.

Seperti dikatakan Kepala Sekolah SDN Parakanmuncang 2 Darmawan SPd kepada Sumeks, baru-baru ini.

Menururnya, ibu merupakan sosok yang berpengaruh dalam proses pertumbuhan bagi sang buah hati. Saat pertama kali seorang anak lahir ke dunia, tentu bahasa Ibu yang menentukan proses kembang tumbuhnya.

Baca Juga:CPNS November, BKPSDM: Belum Ada TembusanBappppeda Sumedang Siap Layani Pengembangan Infrastruktur

Dia berharap, semoga siswanya tidak melupakan bahasa Ibu dan tidak malu dengan bahasa lokal yang dimiliki, serta dapat memanfaatkan bahasa tersebut untuk berkreasi.

Dikatakan, pihaknya telah mengantongi nama-nama siswa yang akan mewakili dalam Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat Kabupaten Sumedang mendatang. Setelah beberapa waktu lalu menjuarai tingkat kecamatan.

“Beberapa kategori yang diraih sehingga menjadi juara umum diantaranya pupuh, carpon yang lolos jadi juara pertama. Sedangkan siswa yang menjadi juara, sebelunya ada bimbingan khusus dari para guru SDN Parakanmuncang 2,” paparnya.

Selain itu, yang dilombakan antara lain nulis jeung maca aksara Sunda putra/putri, tembang Sunda putra/putri dan ngarang carpon Sunda putra/putri.

“Harapan kami melalui kegiatan ini dapat memicu pembiasaan bahasa Sunda di tingkat SD. Misalnya dengan menyanyikan lagu-lagu Sunda,” ungkap Darmawan.

Berikut ini merupakan data kejuaraan FTBI tingkat Kecamatan Cimanggung 1. Fanya Dwi Anggraeni kelas 5A nembang pupuh, 2. Aldo Syiamanan Saefulloh nembang pupuh , 3. Rezka Khafid Darmansyah kelas 5B ngarang carpon, 4. Alifa Fauziah kelas 5 A ngarang carpon, 5. Adhelia Qhairy Salsabila, kelas 5A maca sajak 6. Satya Nur Irsyad kelas 5B maca sajak, 7. Rakha Naufal Irawan kelas 4B ngadongeng, 8. Zahra Novita kelas 4A borangan, 9. Cantika Fatimatuzahra kelas 4C aksara Sunda, 10. Reydastan Taqwa El Ghaisan kelas 4C biantara. (kos)

0 Komentar