Tidak Mau Lingkungan Kumuh? Jaga Kebersihan Saluran Limbah!

Tidak Mau Lingkungan Kumuh? Jaga Kebersihan Saluran Limbah!
Beberapa warga Desa Cijati saat membersihkan saluran limbah di lingkungannya, baru-baru ini (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, SITURAJA – Pemerintah Desa Cijati Kecamatan Situraja anjurkan warganya jaga kebersihan saluran pembuangan limbah rumah tangga. Saluran yang membentang di areal pemukiman biasanya dijadikan saluran untuk pembuangan air limbah dari rumah-rumah.

Dalam hal ini, Pemerintah Desa Cijati mengimbau warga untuk peduli dengan kondisi saluran pembuangan tersebut. Minimal, kelancaran aliran air limbah tersebut harus benar-benar terjaga.

“Saya mengajak warga untuk ikut serta menjaga saluran ini. Karena kalau saluran tersebut mengalirkan air dengan baik, maka lingkungan juga tidak akan kumuh atau dibuat tidak nyaman dengan baunya,” kata Kepala Desa Cijati Asep Junjun Junaedi, baru-baru ini.

Baca Juga:Tak Ada Anak Gagal Ginjal di MargajayaSDN Parakamuncang 2 Lestarikan Bahasa Ibu

Dikatakan, kondisi saluran pembuangan limbah sudah kurang maksimal. Salah satunya gorong-gorong saluran limbah di wilayah Dusun Cilengkong yang sudah rusak. Pihaknya tengah berupaya memperbaiki gorong-gorong tersebut dari anggaran desa.

“Sekarang ada saluran yang rusak, tapi kami tengah memperbaikinya. Mudah-mudahan setelah diperbaiki aliran airnya bisa lancar dan tidak menimbulkan genangan air di saluran tesebut,” kata dia.

Asep menilai, dengan terjaganya saliran pembuangan limbah, maka lingkungan akan nyaman dan terbebas dari bau tak sedap dan gangguan nyamuk.

“Kalau bersih tidak akan menimbulkan bau tak sedap, juga terbebas dari nyamuk,” ucapnya. (eri)

0 Komentar